PENGARUH INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM PADA PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA BIOLOGI

NEFITRIA, RUSMIATI (2022) PENGARUH INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM PADA PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NEFITRIA RUSMIATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM PADA PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA BIOLOGI Oleh: Nefitria Rusmiati Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh integrasi nilai-nilai islam pada pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) berbasis e-learning terhadap pemahaman konsep IPA biologi peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan di sekolah MTs N 2 Bandar Lampung pada kelas VII. Media yang digunakan adalah el-learning berupa website resmi dari sekolah, google meet, whats‘app group karena pembelajaran saat ini yang mengharuskan belajar secara daring. Disekolah tersebut belum menerapkan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai islam. Rendahnya pemahaman konsep pada peserta didik dibuktikan pada data pra-penelitian yang telah dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan Quasi Experimen. Desain penelitian menggunakan desaign posttes-only control group dan teknik pengumpulan datanya berupa instrumen soal essay dan dokumentasi. Populasi nya yaitu seluruh kelas VII di MTs N 2 Bandar Lampung dan sampel peneilitiannya pada kelas VII A sebagai kelas eksperimen menerapkan pendekatan SETS terintegrasi nilai-nilai islam berbasi e�learning dan VII E sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dari person. Sedangkan uji reliabilitas menggunanakan teknik alpha croncbach’s dengan bantuan SPSS versi 20. Kemudian untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan maka dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t independent. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh integrasi nilai-nilai islam pada pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) berbasis e-learning terhadap pemahaman konsep IPA biologi hal ini iv dibuktikan dari hasil perhitungan menunjukan nilai rata-rata pemahaman konsep IPA biologi peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 82,47 dan pada kelas kontrol sebesar 73,23. Dan adanya nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,0 pada uji dua sisi. Sehingga nilai signifikansi yang diperoleh < α dengan taraf signifikansi 5% maka, hipotesisnya H1 diterima dan H0 ditolak. H1 diterima berarti adanya pengaruh integrasi nilai-nilai islam pada pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) berbasis e-learning terhadap pemahaman konsep IPA biologi pada peserta didik. Sehingga penerapan untuk model pembelajaran yang dikaitkan dengan nilai�nilai islami berpengaruh dalam keberhasilan proses pembelajaran serta memiki sikap religius dalam dirinya dan memudahkan peserta didik dalam memhamai konsep-konsep IPA biologi. Kata Kunci: integrasi nilai-nilai islam, SETS, pemahaman konsep IPA biologi, e-learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:53
Last Modified: 15 Aug 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20521

Actions (login required)

View Item View Item