PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 15 BANDAR LAMPUNG

Putri, Haryani (2022) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Putri Haryani..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 15 BANDAR LAMPUNG Oleh Putri Haryani Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan pada SMAN 15 Bandar Lampung dan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi diketahui bahwa kegiatan pembelajaran biologi belum sepenuhnya optimal dan kemampuan berpikir kritis peserta didik masih kurang. Hal ini dikarenakan pendidik cenderung menggunakan model satu arah atau direct instruction. Maka diperlukan suatu upaya untuk mengatasinya seperti model dan media pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Blended Learning dengan media Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMAN 15 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantiatif dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Design yang digunakan yaitu pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, anggket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas X MIPA. X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji t-independent kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa sig.(2-tailed) 0.000 < α (0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Blended Learning dengan media Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 15 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Blended Learning, Media Google Classroom, Kemampuan Berpikir Kritis. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:56
Last Modified: 15 Aug 2022 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20519

Actions (login required)

View Item View Item