Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 3 Bandar Lampung

Avaranix, Farera (2022) Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 3 Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Avaranix Farera.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMAN 3 Bandar Lampung Oleh Avaranix Farera Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan oleh kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik cenderung mudah bosan pada saat proses pembelajaran serta kurangnya pemahaman dan penguasaan materi peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped. Tujuan dalam Penilitian ini yaitu Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMAN 3 Bandar Lampung melalui penerapan model flipped classroom tipe peer instruction flipped . Untuk mengetahui model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XI di SMAN 3 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel dengan cara acak kelas sederharna. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji-t. uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan N-Gain. Berdasarkan hasil analisis uji t-independent kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa sig.(2-tailed) 0.001 < α (0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped. Kata Kunci: Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:52
Last Modified: 15 Aug 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item