IMPLEMENTASI BIMBINGAN INDIVIDU DENGAN TEKNIK KONSULTASI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Nabila, Cahya Muhti (2022) IMPLEMENTASI BIMBINGAN INDIVIDU DENGAN TEKNIK KONSULTASI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nabila Cahya Muhti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “Implementasi Bimbingan Individu Dengan Teknik Konsultasi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 15 Bandar Lampung.” Dalam upaya meningkatkan kedisiplinan pada saat pembelajaran tidaklah mudah dicapai, karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhi peserta didik melakukan pelanggaran kedisiplinan pembelajaran, baik dari diri sendiri maupun luar diri. Sebagaimana penuturan guru bimbingan dan konseling SMA Negeri 15 Bandar Lampung, Ibu Mutiara, S.Pd ada 3 faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan pelanggaran yaitu, (1) diri sndiri, (2) keadaan lingkungan, (3) keluarga. Maka dengan adanya permasalahan tersbut guru bimbingan dan konseling mengadakan layanan konsultasi dengan melakukan panggilan melalui surat pangilan orang tua yang nantinya akan dibekali WKPNS (wawasan, keterampilan, pengetahuan, nilai dan sikap) sebagai upaya mengatasi kedisiplinan pembelajaran kepada 6 peserta didik, yaitu DS, AG, DYS, IB, AF dan FM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran, perencanaan, dan hasil dari Implementasi Bimbingan Individu Dengan Teknik Konsultasi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kualitatif dengan jenis deskriptif naratif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden yaitu guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 15 Bandar Lampung mengenai Implementasi Bimbingan Individu Dengan Teknik Konsultasi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 15 Bandar Lampung, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi dari responden yaitu guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai pelanggaran dalam hal kedisiplinan pembelajaran pada waktu terjadinya wabah Covid-19 yang demi keamanan bersama maka pemerintah mengadakan kegiatan iii sekolah dari rumah (daring) dengan dibantu menggunakan media online google classroom. Hasil dari implementasi bimingan individu dengan teknik konsultasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling berdasarkan pengumpulan data yang peneliti dapatkan bisa dikatakan telah dilaksanakan dengan baik. Sebagaimana data yang peneliti dapatkan yaitu melalui absensi dan pemngumpulan tugas dalam google classroom yang mengalami peningkatan juga dalam buku catatan kasus yang tidak terdapat lagi ke-6 peserta didik tersebut yang melakukan pelanggaran dalam kedisiplinan pembelajaran. Kata kunci: Bimbingan Individu, Teknik Konsultasi, Kedisiplinan Pembelajaran. iv ABSTRACT The author takes the title "Implementation of Individual Guidance With Consultation Techniques in Improving Learning Discipline in Class X Students at SMA Negeri 15 Bandar Lampung." In an effort to improve discipline when learning is not easy to achieve, because there are many factors that influence students to violate learning discipline, both from themselves and outside themselves. As explained by the guidance and counseling teacher at SMA Negeri 15 Bandar Lampung, Ibu Mutiara, S.Pd, there are 3 factors that cause students to commit violations, namely, (1) themselves, (2) environmental conditions, and (3) family. So with this problem, guidance and counseling teachers hold consulting services by making calls through letters to parents who will later be provided with WKPNS (insights, skills, knowledge, values and attitudes) as an effort to overcome learning discipline to 6 students, namely DS, AG , DYS, IB, AF and FM. This study aims to find out how the description, planning, and results of the Implementation of Individual Guidance With Consultation Techniques in Improving Learning Discipline in Class X Students at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. The research method used in this research is qualitative with descriptive narrative type. This study uses triangulation data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation. Primary data were obtained directly from respondents, namely guidance and counseling teachers at SMA Negeri 15 Bandar Lampung regarding the Implementation of Individual Guidance With Consultation Techniques in Improving Learning Discipline in Class X Students at SMA Negeri 15 Bandar Lampung, while secondary data in the form of documentation from respondents, namely guidance teachers and counseling at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. The problem in this study is regarding violations in terms of learning discipline at the time of the Covid-19 outbreak. For the sake of mutual security, the government held school activities from home (online) with the help of using the online media google classroom. The results of the implementation of individual guidance with consulting techniques carried out by guidance and counseling teachers v based on data collection that researchers got can be said to have been carried out well. As the data that the researcher got, namely through attendance and collection of assignments in the google classroom, which experienced an increase, also in the case notebook, there were no longer any 6 students who committed violations in learning discipline. Keywords: Individual Guidance, Consulting Techniques, Learning Discipline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:45
Last Modified: 15 Aug 2022 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20517

Actions (login required)

View Item View Item