PENGARUH LINGKUNGAN MADRASAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MTS DAARUL IKROM KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN

ALGHAZALI, NOVIANSYAH (2022) PENGARUH LINGKUNGAN MADRASAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MTS DAARUL IKROM KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL alghazali noviansyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pendidikan selalu berlangsung dalam suatu lingkungan, yaitu lingkungan pendidikan. Lingkungan ini mencakup lingkungan lingkungan fisik, sosial dan akademis. Lingkungan fisik terdiri dari lingkungan alam dan buatan manusia, yang merupakan tempat dan sekaligus memberikan dukungan dan kadang�kadang juga hambatan bagi berlangsungnya proses pendidikan. Proses sarana prasarana serta fasilitas yang digunakan. Tersedianya sarana prasarana dan fasilitas fisik dalam jenis jumlah dan kualitas yang memadai, akan sangat mendukung berlangsungnya proses pendidikan yang efektif. Kekurangan sarana prasarana dan fasilitas fisik, akan menghambat proses pendidikan, dan menghambat pencapaian hasil yang maksimal. Interaksi pendidikan dapat berlangsung dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat serta lingkungan-lingkungan kerja. Keluarga sering disebut sebagai lingkungan pertama, sebab dalam lingkungan inilah pertama anak mendapatkan pendidikan, bimbingan, asuhan, pembiasaan, dan pelatihan. Sebagai pelanjut dalam pendidikan keluarga adalah pendidikan dalam lingkungan sekolah. Apa yang sudah disemai dan ditanamkan dalam keluarga, dilanjutkan dalam lingkungan sekolah. Oleh karena itu sekolah sering disebut sebagai lingkungan kedua setelah keluarga. Pendidikan di sekolah lebih bersifat formal, dalam keluarga bersifat informal, karena tidak seperti dalam lingkungan keluarga di sekolah ada kurikulum sebagai rencana pendidikan dan pengajaran, ada guru-guru yang lebih profesional sarana-prasarana dan fasilitas pendidikan khusus sebagai pendukung proses pendidikan, serta ada pengolahan pendidikan yang khusus pula Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah mengetahui pengaruh lingkungan madrasah terhadap motivasi belajar peserta didik MTS Daarul Ikrom Kedondong Pesawaran. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif , Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunkan anngket kuesioner. Populasi dalam peneltian ini adalah kelas VIII dan IX, ada 2 macam angket kuesioner pada penelitian lingkungan madrasah dan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data yang berupa angket, wawancara dan observasi. Berdasarkan pengamatan dan penelitian pada sekitar madrasah terdapat factor yang menyebabkan kurang motivasi belajar di lingkungan madrasah. Karena masih ada beberapa peserta didik yang kurang motivasi didalam kelas maupun diluar kelas. Hasil penelitian ini adanya pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar MTS Daarul Ikrom Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran, berdasarkan analisis data nilai angket lingkungan madrasah dan motivasi belajar dengan menggunakan uji reliabilitas dari hasil nilai derajat 0,2480 untuk variable X 0,888 dan untuk variable Y 0,788. Guna untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan madrasah, hendaknya setiap pendidik bidang studi memrsiapkan cara mengajar yang baik dan semaksimal mungkin agar peserta didik tidak cenderung bosan akan mata pelajaran yang akan di ajarkan nantinya. Kata Kunci : Lingkungan Madrasah, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:48
Last Modified: 12 Aug 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20499

Actions (login required)

View Item View Item