PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

TESA, ANGGRAINI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TESA cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis merupakan suatu proses belajar untuk mengekspresikan ide matematika dan pemahaman baik secara visul, lisan maupun tertulis baik menggunakan angka, simbol, gambar, grafik, diagram ataupun kata-kata. Kemampuan representasi matematis adalah suatu bentuk interpretasi hasil pemikiran peserta didik terhadap suatu persoalan sehingga mampu dipergunakan menjadi alat bantu untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan representasi matematis di SMP Perjuangan Purwo Kencono masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkab. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Perjuangan Purwo Kencono tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Perjuangan dan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Barlet. Uji hipotesis menggunakan uji Manova dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa smp, (2) terdapat model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan representasi matematis terhadap siswa smp, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan representasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:12
Last Modified: 12 Aug 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20493

Actions (login required)

View Item View Item