PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA PLUS MUHAMMADIYAH NATAR LAMPUNG SELATAN

HERI, YANTO (2022) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA PLUS MUHAMMADIYAH NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI HERI YANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja guru merupakan elemen penting dalam pendidikan, selain itu juga merupakan penentu tinggi rendahnya kulitas pendidikan. Kinerja guru dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugas seoerang pendidik. Kualitas kinerja sangat menetukan pada hasil pendidikan dikarenakan guru adalah elemen terpenting dalam pendidikan. Guru merupakan sosok yang paling sering berinteraksi secara langsung dengan siswa saat proses pemebelajaran .Untuk melakukan itu semua , guru sebagai pengajar dan siswa sebagai subjek belajar, dituntu adanya profil kualifikasi tententu dalam pengetahuan, kemampuan, sikap dan tata niali serta sifat-sifat pribadi, agar proses itu dapat berlangsung dengan efektif dan efesien Namun dalam pelaksaanannya pembelajaran masih dianggap rumit oleh sebagai guru, karena guru harus memahaminya dengan baik agar dalam pembelajaran terjadi interaksi belajar yang baik. Oleh karena guru memmerlukan mentor atau pemimpin yang dapat membantu memahami semua konsep pembelajaran dengan baik. Pada dasarnya penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik di SMA Plus Muhammadiyah Natar yang berjumlah 35 orang, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Regresi Liniear Sederhana dengan pendekatan kuantitatif utuk mengetahui seberapa pengaruhnya antara kedua variabel. Adapun hasil penelitiannya adalah bahwa gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru, pengaruhnya sebesar 91,6%, gambaran gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah di SMA Plus Muhammadiyah Natar. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa angket sebanyak 39 item untuk Variabel ( Gaya Kepemimpinan Demokratis ) dan 39 item untuk Variabel Y (Kinerja Guru). Hasil perhitungan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa angka koefisien regresi sebesar 0,987. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+), maka penelitian ini memiliki pengaruh positif. Jika dilihat dari hasil nilai (18,962) > (2,040) dengan Signifikasi sebesar 0,025 makan ditolak dan di terima, jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru. Berdasarkan teknik probabilitas dihasilkan Sig = 0,00 dan nilai α = 0,05/2 = 0,025 karena nilai Sig < nilai α yaitu 0,00 < 0,025 maka ditolak. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh angka 91,6% dan sisanya 8,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru di SMA Plus Muhammadiyah Natar Lampung Selatan. Dan gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru. Memberikan kontribusi dalam menghasilkan kinerja guru di SMA Plus Muhammadiyah Natar Lampung Selatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi terhadap pihak yang berkompeten demi peningkatan kinerja guru yaitu pimpinan sekolah hendaknya memberikan evaluasi secara berkesinambungan tentang kinerja guru, dan pihak pimpinan dalam hal ini kepala sekolah SMA Plus Muhammadiyah Natar Lampung Selatan, harus berusaha lebih memperhatikan proses pelaksanaan fungsi manajerial dan kepemimpinan dengan optimal, bukan hanya kepemimpinanya yang baik namun mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan. Agar lembaga pendidikan yang dipimpinnya sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan internal maupun eksternal Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Demokratis, Kinerja Guru ii ABSTRACK Teacher performance is an important element in education, but it is also a determinant of the high and low quality of education. Teacher performance is carried out by the teacher in carrying out the duties of an educator. The quality of performance is very decisive on educational outcomes because teachers are the most important element in education. The teacher is the figure who most often interacts directly with students during the learning process. To do that, the teacher as the teacher and the student as the subject of study, requires a certain qualification profile in knowledge, abilities, attitudes and values as well as personal traits, so that the process can take place effectively and efficiently. However, in the implementation of learning is still considered complicated by the teacher, because the teacher must understand it well so that in learning there is a good learning interaction. Because teachers need mentors or leaders who can help understand all learning concepts well.Basically this research, the author uses a quantitative approach. The sample in this study was 35 educators at SMA Plus Muhammadiyah Natar. The method used in this study was to use Simple Linear Regression with a quantitative approach to find out how much influence the two variables had. The results of the research that the principal's democratic leadership style has an effect on improving teacher performance, the effect 91.6%, the description of the principal's democratic leadership style at SMA Plus Muhammadiyah Natar. The instrument used in collecting research data a questionnaire of 39 items for the variable (Democratic Leadership Style) and 39 items for the Y Variable (Teacher Performance). The results of simple linear regression calculations show that the regression coefficient is 0.987. Because the value of the regression coefficient is positive (+), this study has a positive effect. If it is seen from the results of the T_count (18.962) > T_table (2.040) with a significance of 0.025, then H_0 is rejected and H_a is accepted, so there is a significant influence between democratic leadership style on teacher performance. Based on the probability technique, Sig = 0.00 and the value of = 0.05/2 = 0.025 because the value of Sig < the value of is 0.00 < 0.025, then H_0 is rejected. Calculation of the coefficient of determination obtained the figure of 91.6% and the remaining 8.4% is influenced by other factors that are not examined. Thus there is a positive influence between democratic leadership style on teacher performance at SMA Plus Muhammadiyah Natar South Lampung. And democratic leadership style on teacher performance. Contribute in producing teacher performance at SMA Plus Muhammadiyah Natar, South Lampung. Based on the results of the study, there are several implications for competent parties for improving teacher performance, namely school leaders should provide continuous evaluations of teacher performance, and the leadership in this case the headmaster of SMA Plus Muhammadiyah Natar South Lampung, should try to pay more attention to the process of implementing the function. optimal managerial and leadership, not only good leadership but starting from planning, organizing, implementing, and controlling. So that the educational institution he leads is in accordance with the needs and expectations of internal and external customers Keywords: Democratic Leadership Style, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:01
Last Modified: 12 Aug 2022 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item