PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP CRITICAL THINKING DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

SISKA, RAHMAWATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP CRITICAL THINKING DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SISKA RAHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dan critical thinking peserta didik dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah, Hal ini didasari oleh hasil data pra penelitian di SMAN 1 Way Jepara. Kemampuan komunikasi matemtis dan critical thinking masih rendah dikarenkan model pembelajaran yang digunakan masih belum mampu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan critical thinking, sehingga sangat diperlukan inovasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap critical thinking dan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif dengan jenis quasy experimental dan jenis tes yang digunakan adalah tes formatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperiment. Sedangakan populasi dalam penelitian ini adalah KELAS X IPA SMAN 1 Way Jepara. Untuk teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dan untuk pengambilan data adalah tes Kemampuan komunikasi matematis dan critical thinking. Pengujian hipotesis menggunakan uji Multivariate Analysis Of Variance. Hasil penelitian berdasarkan uji Multivariate Analysis Of Variance menunjukkan bahwa ditolak, dikarenakan nilai signifikansi sebesar , maka terdapat pengaruh model pembelajaran CORE terhadap critical thinking dan ditolak, dikarenakan nilai signifikansi sebesar maka terdapat pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan komunikasi matematis. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap critical thinking dan kemampuan komunikasi matematis. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis; Connecting, Organizing, Reflecting, Extending; critical thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:57
Last Modified: 12 Aug 2022 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20491

Actions (login required)

View Item View Item