KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

AMELIA, EKA INDRIYANI (2022) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of AMELIA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 16 standar kompetensi berdasarkan Permendiknas No. 13 tahun 2007 tentang kepala sekolah atau madrasah. Peneliti menggunakan 3 kompetensi manajerial sebagai rumusan masalah yaitu memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumberdaya sekolah/madrasah secara optimal, mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal dan mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penggunaan metode deskriptif dipakai karena, lebih mudah mengadakan penyesuaian menggunakan fenomena yang berdimensi ganda, lebih mudah menyajikan secara langsung hakikat interaksi antara peneliti & subjek penelitian. Sumber data primer yang ditetapkan oleh peneliti adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru dan Staf di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sedangkan sumber data sekunder berupa bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, dan lain sebagainya. Dalam melakukan pengumpulan data penelitian kualitatif peneliti menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan penentuan keabsahan data melalui metode triangulasi sumber dan Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah SMA Al�Azhar 3 Bandar Lampung mampu melaksanakan 3 kompetensi manajerial yaitu 1. memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumberdaya sekolah/madrasah secara optimal, 2. mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal, 3. mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional. Berdasarkan penjelasan 3 kompetensi diatas peneliti menyimpulkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah sudah baik. Kata Kunci : Kompetensi Manajerial, Kepala Sekolah, Kinerja Guru iii ABSTRACT This study aims to determine the managerial competence of principals in improving teacher performance at Al-Azhar 3 Senior High School Bandar Lampung. This study uses 16 competency standards based on Permendiknas No. 13 of 2007 concerning the principal or madrasah. The researcher uses three managerial competencies as the formulation of the problem, namely leading schools/madrasas in the context of optimally utilizing school/madrasah resources, managing teachers and staff in the context of optimal utilization of human resources, and managing curriculum development and learning activities by the directions and goals of national education. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The descriptive method is used because it is easier to make adjustments using multiple-dimensional phenomena. It is easier to directly present the nature of the interaction between the researcher and the research subject. The primary data sources determined by the researchers were the Principal, Deputy Head of Curriculum, Teachers, and Staff at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. In comparison, secondary data sources are library materials, literature, previous research, books, and so forth. In collecting qualitative research data, researchers used interview, observation, and documentation techniques to determine the validity of the data through source triangulation methods and data analysis techniques using data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that the principal of SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung was able to carry out three managerial competencies, namely 1. leading schools/madrasas in the context of optimally utilizing school/madrasah resources, 2. manage teachers and staff in the context of optimal utilization of human resource. 3. manage curriculum development and learning activities following the direction and goals of national education Based on the explanation of the three competencies above, the researcher concludes that the principal's managerial competence is good. Keywords: Managerial Competence, Principal, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:55
Last Modified: 12 Aug 2022 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20490

Actions (login required)

View Item View Item