PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY DAN NUMBER SMART TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

ARMA, NAWIYAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY DAN NUMBER SMART TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan penalaran matematis merupakan sebuah kemampuan yang sangat diperlukan siswa dalam pembelajaran untuk mempermudah proses pembelajaran. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan peneliti, terlihat bahwa kemampuan penalaran di SMP Negeri 7 Bandar Lampung masih lemah. Hal tersebut terlihat dari hasil pra penelitian yang diberikan peneliti pada kelas 8. Peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM atau nilai < 75 sebanyak 93 dari 128 siswa. Peneliti mencoba menerapkan model yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan mengontrol Number smart siswa. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Bridging analogy dan Number smart terhadap kemampuan penalaran matematis maka dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian factorial 1 X 2. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas 8 SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menerapkan teknik purposive sampling . Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan penalaran matematis dan soal tes kecerdasan logis-matematis (Number smart). Pengujian hipotesis menggunakana analisis of covariance (one-way ancova), dengan taraf signifikansi 5% diperoleh (1) p-value = 0,002 < α = 0,05 sehingga H0A ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajara Bridging analogy terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan mengontrol Number smart peserta didik. (2) p-value =0,000 < α =0,05 sehingga H0B di tolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat Number smart terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (3) p-value = 0,000 < α = 0,05, maka H0c ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan model Bridging analogy dan Number smart terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Bridging analogy, Number smart, Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:52
Last Modified: 12 Aug 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20489

Actions (login required)

View Item View Item