PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FAN-N�PICK DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

SRI, OKTAPIANA DEWI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FAN-N�PICK DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI OKTAPIANA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan terlihat bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa MTs Nurul Islam Air Bakoman masih rendah, hal ini ditunjukan oleh hasil kemampuan komunikasi matematis kelas VIII. Siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yaitu < 65 sebanyak 54 dari 68 siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan dengan mengontrol disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Fan-N-Pick dan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian 1×2. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Air Bakoman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan materi bangun ruang sisi datar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulakn data adalah angket disposisi matematis dan tes kemampuan komunikasi matematis. Pengujian hipotesis menggunakan Ancova (Analysis of covariannce), dengan taraf signifikasi 5% diperoleh (1) p-value = 0,027 < α = 0,05 sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran Fan-N-Pick terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan mengontrol disposisi matematis. (2) p-value = 0,000 < α = 0,05 sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. (3) p-value = 0,000 < α = 0,05, sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran Fan-N-Pick dan disposisi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kata Kunci :Model Fan-N-Pick, Disposisi Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:21
Last Modified: 11 Aug 2022 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item View Item