PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ASSESSMENT FOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI CURIOSITY

Fenny, Anggraini (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ASSESSMENT FOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI CURIOSITY. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FENNY ANGGRAINI 1811050201 .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ASSESSMENT FOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI CURIOSITY Kemampuan penalaran proporsional matematis dalam pembelajaran matematika perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Penelitian ini telah dilakukan di SMPN 4 Tumijajar Tulang Bawang Barat. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran proporsional matematis peserta didik SMPN 4 Tumijajar masih tergolong rendah. Penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran proporsional matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Assessment for Learning terhadap kemampuan penalaran proporsional matematis ditinjau dari Curiosity. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial 3 × 3. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 4 Tumijajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah aritmatika sosial. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan penalaran proporsional matematis berupa soal uraian dan angket curiosity. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi yang dipakai yaitu 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran proporsional matematis antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Assessment for Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning dan model ekspositori. (2) terdapat perbedaan antara peserta didik yang memiliki kategori curiosity dengan kriteria tinggi, sedang, dan rendah terhadap iv kemampuan penalaran proporsional matematis pada materi aritmatika sosial. (3) tidak terdapat inteaksi antara perlakuan model pembelajaran dan kategori curiosity terhadap kemampuan penalaran proporsional matematis pada materi aritmatika sosial. Kata Kunci : Discovery Learning, Assessment for Learning, Kemampuan Penalaran Proporsional Matematis, Curiosity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:18
Last Modified: 11 Aug 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20482

Actions (login required)

View Item View Item