PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE

Khusnul, Khotimah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI KHUSNUL KHOTIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dan self confidence merupakan hal yang sangat diperlukan peserta didik. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self confidence peserta didik SMP Negeri 4 Tumijajar, hal ini dibuktikan dengan hasil prapenelitian yang menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM serta skor self confidence yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil antara model pembelajaran explicit instruction, model pembelajaran explicit instruction dengan teknik scaffolding, dengan pembelajaran model ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence peserta didik. Penelitian ini menggunakan Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Tumijajar. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan instrumen penelitian berupa tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah MANOVA. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA dengan derajat angka signifikansi 0,05. Dari uji tersebut diperoleh nilai sebesar 0,000. Hal itu menunjukkan bahwa , sehingga ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil antara model pembelajaran explicit instruction, model pembelajaran explicit instruction dengan teknik scaffolding, dengan pembelajaran model ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence peserta didik. (2) Terdapat perbedaan hasil antara model pembelajaran explicit instruction, model pembelajaran explicit instruction dengan teknik scaffolding, dengan pembelajaran model ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. (3) Terdapat perbedaan hasil antara model pembelajaran explicit instruction, model pembelajaran explicit instruction dengan teknik scaffolding, dengan pembelajaran model ekspositori terhadap self confidence peserta didik. Kata Kunci: Explicit instruction, scaffolding, kemampuan komunikasi matematis, self confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:12
Last Modified: 11 Aug 2022 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item