PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

INDAH, ALVIANITA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDAH ALVIANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Geometri merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Namun kemampuan anak tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Berdasarkan observasi pendahuluan di TK Negeri 2 Bandar Lampung ditemui fakta guru dalam mengajar masih jarang dalam menggunakan metode proyek untuk mengenal bentuk geometri, lebih kepada mengenal bentuk yang sudah ditentukan disekolah tanpa menggunakan metode proyek, akibatnya kemampuan pengetahuan anak kurang berkembang secara optimal. Penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan jeniseksperimen semuQuasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik TK Negeri 2 Bandar Lampung. Yang memiliki tiga kelas yaitu kelas B1 berjumlah 15 peserta didik, kelas B2 berjumlah 15 dan B3 berjumlah 20 peserta didik.Teknik pengambilan sample dilakukan dengan teknik clusterrandom sampling. Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-tes untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dengan menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji Homogenitas dilakukkan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak dengan menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini pengajuan hipotesis memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < dari 0.05 yang memiliki nilai lebih kecil dari α, sehingga dapat disimpulkan ditolak dan Hα diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode peoyek terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini di TK Negeri 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : Metode proyek, mengenal bentuk geometri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:09
Last Modified: 11 Aug 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20479

Actions (login required)

View Item View Item