PENGARUH PENDEKATAN DEDUKTIF BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI BIOLOGI DI SMAN 01 TANJUNG RAYA

Desi, Asmarita (2022) PENGARUH PENDEKATAN DEDUKTIF BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI BIOLOGI DI SMAN 01 TANJUNG RAYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1-  bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN DEDUKTIF BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI BIOLOGI DI SMAN 01 TANJUNG RAYA OLEH DESI ASMARITA Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan deduktif berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MIPA pada materi biologi di SMAN 01 Tanjung Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain Quasi Experimen Research. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pendekatan deduktif berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pelajaran biologi materi sistem ekskresi menunjukkan adanya perubahan peningkatan berdasarkan indikator pencapaian kemampuan berpikir kreatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan tes (preetest dan posttest). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwasanya siswa di kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan deduktif berbantuan mind mapping dalam proses pembelajarannya diperoleh hasil uji T dengan signifikansi hasil lebih kecil dari alpha penelitian (0.000 < 0.05), yang artinya Ho ditolak. Dengan kata lain pendekatan deduktif berbantuan mind mapping berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan pendekatan deduktif berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MIPA di SMA N 01 Tanjung Raya. Kata Kunci : Pendekatan Deduktif, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:03
Last Modified: 11 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20477

Actions (login required)

View Item View Item