ANALISIS PRESTASI PERUSAHAAN BERDASARKAN RASIO PROFITABILITAS DAN PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (studi kasus PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Pada Tahun 2016 – 2020)

Annisah, Rahmadhani (2022) ANALISIS PRESTASI PERUSAHAAN BERDASARKAN RASIO PROFITABILITAS DAN PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (studi kasus PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Pada Tahun 2016 – 2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISAH RAHMADHANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasio profitabilitas sebagai upaya penilaian prestasi perusahaan. Profitabilitas penting dalam proses mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang, hal ini karena profitabilitas menunjukan apakah perusahaan memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prestasi PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk berdasarkan rasio profitabilitas pada laporan keuangan tahunan periode 2016 sampai 2020, dan mengetahui bagaimana aktivitas ekonominya dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan tahunan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk tahun 2016 sampai 2020, yang nantinya diambil dari laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penjualan, laba kotor, laba bersih, total asset dan total equity yang digunakan untuk proses analisis prestasi PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Penelitian ini diukur dengan menghitung nilai Gross Profit Margin, Operating Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Asset, Return On Equity. Return On Sales, Return On Capital Employed, dan Earning Per Share Hasil penelitian ini menunjukan jika dilihat dari Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Return on Sales (ROS) kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba pada tahun 2016 hingga 2020 kurang baik. Hal ini dikarenakan nilai tersebut yang berada dibawah rata-rata industri. Akan tetapi untuk jika dilihat dari nilai Return On Capital Employed dapat dikategorikan baik karena nilai yang didapatkan cukup besar dan nilai Earning Per Sharenya pun selalu meningkat disetiap tahunnya. Meskipun begitu, perusahaan tidak pernah mengalami kerugian dan mampu menjaga kestabilan persentase rasio profitabilitasnya, sehingga perusahaan masih dapat dikategorikan baik. Selain itu perusahaan juga telah menerapkan nilai-nilai islam dalam aktivitas ekonominya, sehingga dapat menjadi penilaian bagi masyarakat. Kata kunci : Ekonomi Islam, Laporan Tahunan, Prestasi Perusahaan, Rasio Profitabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:36
Last Modified: 11 Aug 2022 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20473

Actions (login required)

View Item View Item