PENGARUH REVIEW DAN AFFILIATE MARKETING PRODUK MARKETPLACE TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

Pinky, Aldhama (2022) PENGARUH REVIEW DAN AFFILIATE MARKETING PRODUK MARKETPLACE TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Pinky Aldhama.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi covid-19 yang masuk dan menyebar di indonesia menyebabkan dampak yang serius kepada masyarakat. Akibat dari wabah menular ini banyak kegiatan masyarakat yang menjadi terhenti. Salah satunya marketing yang telah menjadi bagian penting dari kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi. Kemudahan menggunakan tekhnologi yaitu merubah perilaku pembelian konsumen salah satunya impulse buying. Pengendalian perilaku yang tidak stabil biasanya disebabkan oleh masyarakat yang membantu pemasaran produk melalui affiliate marketing. Affiliate marketing memberikan ulasan yang dibagikan di media sosial yang berisi review produk secara lebih detail. Penggunaan media sosial saat ini sebagai penghubung dalam pemasaran dengan tujuan untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh review terhadap impulse buying konsumen; (2) pengaruh affiliate marketing terhadap impulse buying konsumen; (3) pandangan perspektif ekonomi islam terhadap sistem affiliate marketing yang dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, dimana data yang digunakan menggunakan data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh mahasiswa UIN Raden Intan Lampung dan menggunakan sampel yang dihasilkan dari rumus slovin dan dihasilkan sebesar 100 responden. Hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Dalam penelitian ini hipotesis yang pertama mendapatkan nilai t-hitung < t�tabel atau 1,109 < 1,984 yang berarti variabel review berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying konsumen. Sedangkan untuk hipotesis yang kedua menghasilkan t-hitung > t-tabel atau 3,644 > 1,984 dimana variabel affiliate marketing berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying konsumen. Kata kunci : Pemasaran, Review, Affiliate Marketing, Impulse Buying iv ABSTRACT The COVID-19 pandemic that entered and spread in Indonesia caused a serious impact on society. As a result of this infectious epidemic, many community activities have come to a halt. One of them is marketing which has become an important part of the activities carried out by companies or agencies. The ease of using technology is changing consumer buying behavior, one of which is impulse buying. Unstable behavior control is usually caused by the community helping product marketing through affiliate marketing. Affiliate marketing provides reviews that are shared on social media containing product reviews in more detail. The current use of social media as a liaison in marketing with the aim of gaining a wider market share. This study aims to determine: (1) the effect of reviews on consumer impulse buying; (2) the influence of affiliate marketing on consumer impulse buying; (3) the perspective of Islamic economics on the affiliate marketing system carried out.This study used quantitative research, where the data used use primary data obtained through distributing questionnaires to respondents. The population of this study used all students of UIN Raden Intan Lampung and used the sample generated from the Slovin formula and produced as many as 100 respondents. The results of the calculations in this study use the SPSS version 25 application. In this study used a significance level of 5%, in the first hypothesis the value of t-count < t-table or 1.109 < 1.984 which means that the review variable has a significant effect on consumer impulse buying. Meanwhile the second hypothesis, it produces t-count > t-table or 3,644 > 1,984 where the affiliate marketing variable has a significant effect on consumer impulse buying. Keyword : Marketing, Review, Affiliate Marketing, Impulse Buying

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:00
Last Modified: 11 Aug 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20462

Actions (login required)

View Item View Item