PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

DWI, FADILAH (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI FADILAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan minat belajar masih rendah. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis dan minat belajar diketahui kemampuan berpikir kritis dan minat belajar juga masih rendah. Serta kurang efektifnya model pembelajaran konvensional yang diterapkan di sekolah tersebut, yaitu pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Al-Huda Jati Agung. Sampel penelitian ini yaitu Kelas VIIIA (model pembelajaran direct instruction), Kelas VIIIB (model pembelajaran blended learning berbasis google classroom). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan angket minat belajar. Analisis data pada penelitian ini adalah Multivariate Analysis of Varian (Manova) dengan p-value < 0,05. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa p-value dari masing masing kemampuan kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Google Classroom Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:54
Last Modified: 11 Aug 2022 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item View Item