PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N TERPADUGUNUNG PELINDUNG LAMPUNG TIMUR

VINA, FITRIANI (2022) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N TERPADUGUNUNG PELINDUNG LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI VINA FITRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM KEKLAS VIII SMP N TERPADU GUNUNG PELINDUNG LAMPUNG TIMUR. Oleh VINA FITRIANI Peningkatan kulalitas proses dan hasil pebelajaran siswa di setiap jenjang pendidikan perlu diwujudkan agar diperoleh kualitas sumber daya manusia yang dapat menunjang pembangunan nasional di negara Indonesia. Salah satu upaya unuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu penggunaan media khususnya media Audio visual dalam proses pembelajaran sangat diperlukan demi membantu siswa dalam memahami materi. Metode mengajar tradisional yang menekankan pada guru bercerita dan siswa mendengerkan harus lebih banyak dihindari agar keaktifan siswa menngkat. Media pembelajaran audio visual adalh media yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi. Melatih konsentrasi dan fokus siswa terhadap materi serta membantu mengembangkan pengetahuan siswa dengan menghadirkan contoh yang konkrit didalam kelas. Tujuan dari penelitian adalah : 1) untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio visual terhadap hasilbelajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smp N Terpadu Gunung Pelindung Lampung Timur. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP N Terpadu Gunung Pelindung Lampung Timur. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.instrumen penelitian adalah Tes soal dan dokumentasi. hasil perhitungan uji-t dua sampel yang tidak berkorelasi dan taraf signifikan 5% diperoleh iv nilai . Artinya nilai , sehingga tolak dan diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dari perhitungan tersebut adalah terdapat pengaruh media pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar peserta didik. Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian perlakuan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat mengukur sejauh mana pengaruh peningkatan hasil belajar yang dihasilkan setelah perlakuan. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio-Visual,Hasil belajar Mata pelajarn PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:49
Last Modified: 11 Aug 2022 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20459

Actions (login required)

View Item View Item