MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK - KANAK TARUNA JAYA WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

FAUZIAH, Azwar Effendy (2022) MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK - KANAK TARUNA JAYA WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran di perlukan untuk memperlancar, mempermudah mencapai tujuan pendidikan serta sebagai faktor sumber daya pendidikan dalam mempermudah jalannya proses pendidikan seperti kelengkapan dasar, peralatan, bahan, perabot yang di olah dengan sebaik mungkin yang digunakan untuk memenuhi peserta didik dalam perkembangan belajar dan bermain di TK. Maka tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana prasarana dalam proses pembelajaran di TK Taruna jaya. Berdasarkan manajemen sarana prasarana sudah baik dan sesuai karena adanya perencanaan, pengadaan, penyimpanan, inventarisasi, penghapusan, pengawasan dan pemeliharaan. Sedangkan dari 7 indikator ada yang belum terlaksanakan yaitu inventarisasi, pemeliharaan, pengawasan, dan penghapusan. Dalam proses pembelajaran di kelas yaitu guru tidak menggunakan media atau alat peraga saat proses pembelajaran, pembelajaran juga masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan kepala sekolah, Guru kelas A, dan Guru kelas B. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpul data, reduksi data, display data dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) perencanaan dilakukan dengan cara analisis kebutuhan yang dilakukan dengan cara menampung semua usulan pendidik, tenaga pendidik, dan wali murid. (2) pengadaan sarana dan prasarana di lakukan dengan menggunakan dana Bos, Kas Anak. (3) inventarisasi dilakukan pencatatan barang seiap penerimaan sarana dan prasarana namun, dalam proses pencatatan barang kurang memperhatikan tata cara penulisan dalam buku inventaris. (4) penyimpanan sarana dan prasarana tidak dibuatkan daftar nama. (5)pemeliharaan dilakukan dengan pendidik dan tenaga pendidik. (6)pengahapusan sarana dan prasarana di TK Taruna jaya penghapusan berupa ayunan. (7)pengawasan dilakukan oleh semua yang ada di sekolah seperti guru, kepala sekolah, pengawasan sarana dan prasarana tidak memilih orang khusus dalam mengawasi sarana dan prasarana agar lebih efesien lagi. Pada proses pembelajaran yaitu guru belum sepenuhnya mempersiapkan pembelajaran menggunakan alat peraga dan guru pun masih menggunakan metode ceramah. Kata Kunci : Manajemen Sarana Prasarana , Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:45
Last Modified: 11 Aug 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item View Item