PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP IT INSAN MULIA PRINGSEWU

ANNISA, NUR FADILLAH ACHMAD (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP IT INSAN MULIA PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISA NUR FADILLAH ACHMAD (1811010334)-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Guru yang bukan sekedar guru, tetapi pendidik yang mempunyai peran, tugas, tanggung jawab dan mempunyai kedudukan yang mulia baik di lingkup sekolah maupun di masyarakat. Guru pendidikan agama Islam memiliki sinergi dalam memberi pengajaran nilai-nilai kebaikan dalam lingkup kehidupan. Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan belajar akan membentuk kepribadian peserta didik yang mengerti akan pentingnya mengatur diri sendiri dengan baik dan tertata sehingga pada akhirnya akan menjadi kebiasaan yang ia terapkan terus-menerus. Hasil dari yang peserta didik pahami akan disiplin belajar yang baik, harapannya bisa diterapkan pada saat proses belajar mengajar di kelas. Peran guru pendidikan agama Islam yakni dalam mengajar, mendidik, menjadi teladan bagi tiap-tiap peserta didik, membimbing peserta didik ke arah yang baik, memotivasi, serta sebagai evaluator sudah maksimal. Hal ini bisa ditelusuri yang berdasar pada saat observasi dan wawancara dengan beberapa guru pendidikan agama Islam dan peserta didik, hasil terlihat bahwa sebagian dari peserta didik masih belum sepenuhnya bisa menerapkan disiplin belajar dengan sesuai, layaknya baik dalam mentaati aturan disiplin yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan belajar peserta didik di SMP IT Insan Mulia Pringsewu. Jenis penelitian ini ialah berbasis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang penting dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan belajar peserta didik. 1) Guru pendidikan agama Islam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan belajar peserta didik agar mempunyai sikap disiplin yang baik dalam belajar, peserta didik dilatih dan pada akhirnya akan membiasakan diri untuk menerapkan disiplin belajar yang baik, 2) Guru pendidikan agama Islam memberikan pemahaman sekaligus keteladanan dalam menananamkan nilai-nilai kedisiplinan belajar peserta didik seperti mencontohkan untuk tepat waktu masuk kelas pada saat ada jam pelajarannya, 3) Seperti yang diungkapkan guru pendidikan agama Islam, bahwa peserta didik 80% sudah bisa menerapkan disiplin belajar, seperti pada saat pembelajaran mengerjakan tugas ketika guru memebrikan tugas, tidak mengobrol pada saat pelajaran berlangsung, hadir tepat waktu. Tetapi memang sebagian masih ada yang belum disiplin yakni yang seringkali ada yang tidur di dalam kelas yang masih membutuhkan perhatian khusus untuk terus dinasehati agar tidak mengulanginya lagi. Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:41
Last Modified: 11 Aug 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20456

Actions (login required)

View Item View Item