MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE MIND MAPPING DI TK IT AISYAH WAY HUWI LAMPUNG SELATAN

ANNISA, RAHMA DINDA (2022) MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE MIND MAPPING DI TK IT AISYAH WAY HUWI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISA RAHMA DINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Kognitif yaitu kecerdasan belajar atau berfikir untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru. Adapun penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakagi oleh kognitif anak yang perlu dikembangkan. Masalah yang akan di teliti yakni, tentang mengembangkan kognitif anak melalui metode mind mapping. Penelitin ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, menggunakan desain model Suharsimi Arikunto. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana satu siklus terdiri dari empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di TK IT Aisyah Way Huwi Lampung Selatan dengan subyek penilitian peserta didik usia 5-6 tahun kelas B1 dengan indikator keberhasilan mencapai 75% bertujuan untuk mengetahui melalui pembelajaran menggunakan metode mind mapping. Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kognitif anak tentu harus dilakukan dan direncanakan secara baik agar berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Berdasarkan pengamatan dari siklus I peserta didik menunjukkan perkembangan dalam aspek kognitif baik penggunaan simbol, mengklasifikasikan, dapat memahami angka, dan mampu berfikir secara penalaran.. Presentase pada siklus I mencapai Presentase 15% BB dengan jumlah anak 2, 31% MB dengan jumlah anak 4, 31% BSH dengan jumlah anak 4 dan 23% BSB dengan jumlah anak 3. Kemudian hasil penelitian yang dilakukan pada siklus II dapat dilihat perkembangan anak yang lebih bersemangat ikut terlibat dalam beberapa kegiatan, dan anak juga sudah berkembang. Dapat dilihat pada hasil tingkat perkembangan kognitif anak siklus II yang belum berkembang 0%, mulai berkembang 2 anak (15%), berkembang sesuai harapan 6 anak (47%), dan berkembang sangat baik 5 anak (38%). Dengan ini artinya menandakan bahwa tingkat perkembangan anak berkembang sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan Kata Kunci : Perkembangan Kognitif, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:18
Last Modified: 11 Aug 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20455

Actions (login required)

View Item View Item