MENGURANGI PERILAKU AGRESIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI TK GAJAH MADA KOTA BARU BANDAR LAMPUNG

Nurhidayah, Ahmad Syufi (2022) MENGURANGI PERILAKU AGRESIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI TK GAJAH MADA KOTA BARU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi nurhidayah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Anak usia dini merupakan individu yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, sehingga perlu adanya pemberian stimulus yang tepat bagi anak usia dini agar pertumbuhan dan perkembangan mereka dapat berkembang secara optimal. Salah satu upaya praktek pendidikan di Taman Kanak-kanak untuk mengurangi perilaku agresif anak adalah melalui metode bermain peran. Metode bermain peran dapat memberikan pengaruh baik bagi perilaku anak dan mempunyai makna yang bermanfaat. Anak dapat mengambil nasehat yang terkandung dalam alur cerita yang diperankannya dan anak akan menyadari perilaku baik dan perilaku buruk sehingga anak yang memiliki sikap agresif akan sadar bahwa perilaku yang dimilikinya tersebut sangat tidak baik. Mengatasi sikap yang agresif pada anak tidak dengan hukuman jasmani, karena akan timbul pada diri anak rasa dendam. Perasaan dendam ini biasanya akan tersalurkan dan keagresifannya akan terlampiaskan pada kesempatan yang lain. Hukuman jasmani yang akan menimbulkan rasa permusuhan bahkan menjadi contoh untuk ditiru. Sehingga anak kurang mampu mengendalikan perilaku agresif. Dalam hal ini tentunya anak harus dihadapi dengan tenang dan sabar serta memberikan suri teladan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat mengurangi perilaku agresif pada anak di TK Gajah Mada Kota Baru Bandar Lampung. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam melaksanakan kegiatan penelitan ini pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di TK Gaja Mada Kota Baru tentang mengurangi perilaku agresif anak usia dini melalui metode bermain peran dapat disimpulkan bahwa Metode bermain peran dapat mengurangi perilaku agresif, dengan dibuktikan pada hasil uji hipotesis dimana nilai postes mengalami peningkatan. Selain itu juga peneliti menemukan bahwa di TK Gajah Mada ada tiga hal yang dilaksanakan: 1) Pentingnya metode pembelajaran yang menarik dan kreatif; 2) Guru memahami materi ajar terutama materi spiritual (moral-agama) serta sosial emosional anak; dan 3) Guru tidak sekedar mengarahkan tetapi memberi contoh dan teladan. Telah kita ketahui bahwa pengurangan iv perilaku penting dilakukan sejak dini agar di masa yang akan datang anak lebih mandiri, sikap sosialnya tinggi dan emosinya setabil. Kata Kunci: Perilaku Agresif, Metode Peran Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:34
Last Modified: 10 Aug 2022 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20445

Actions (login required)

View Item View Item