ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISTEM TMT (TATAP MUKA TERBATAS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI MIFTAHUL HUDA SENDANG AGUNG

SA’ADAH, FATIMAH (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SISTEM TMT (TATAP MUKA TERBATAS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI MIFTAHUL HUDA SENDANG AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SA ADAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran tatap muka terbatas (TMT). Pembelajaran tatap muka terbatas itu berbeda dengan pembelajaran tatap muka seperti biasanya dikarenakan waktu pertemuan guru dan peserta didik dilakukan secara terbatas. Agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal maka harus dirancang dengan cermat dalam perencanaan pembelajarannya dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai agar pembelajaran tatap muka terbatas dapat terlaksana secara optimal serta dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil pra penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas masih kurang optimal sebab pendidik kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran dan juga kurangnya sarana dan prasarana sebagai media pembelajaran yang bervariasi. Akan tetapi hal itu berbeda dengan motivasi siswa terihat baik. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dan menuangkan dalam rumusan masalah yakni, bagaimana pelaksanaan pembelajaran sistem TMT terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di MI Miftahul Huda Sendang Agung. Adapun penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sistem TMT terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Sendang Agung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan subjek penelitian adalah Wali Kelas Kelas IV dan peserta didik kelas IV. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran TMT (Tatap Muka Terbatas) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di MI Miftahul Huda Sendang Agung. Motivasi belajar peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran sistem TMT (Tatap Muka Terbatas) berlangsung yaitu peserta didik memiliki motivasi yang baik, hal itu terlihat banyak dari peserta didik yang mendapatkan hasil belajar yang baik serta mempunyai semangat belajar yang tinggi sebab peserta didik lebih suka dengan pembelajaran tatap muka walaupun secara terbatas. Untuk media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik berupa buku pegangan guru, serta metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Kata Kunci : Pembelajaran TMT (Tatap Muka Terbatas) dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:52
Last Modified: 10 Aug 2022 04:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20443

Actions (login required)

View Item View Item