MANAJEMEN MUTU SARANA PRASARANA DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG

Chichi, Fatmawati (2022) MANAJEMEN MUTU SARANA PRASARANA DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS CHICHI FATMAWATI.pdf] PDF
Download (904kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL CHICHI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap madrasah memiliki sarana dan prasarana baik itu memadai atau tidak memadai, sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran, pengelolaan ini dimaksud dalam menggunakan sarana dan prasarana bisa berjalan secara efektif dan efesien. Objek utama dalam lembaga pendidikan yaitu sarana dan prasarananya, karena peran dari sarana prasarana itu sendiri memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran di ranah pendidikan. Dalam pengelolaan sarana dan prasarana itu sendiri dibutuhkan manajemen yang baik. maka penelitian skripsi ini berbicara tentang manajemen mutu sarana dan prasarana untuk mengetahui mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut di MIN 11 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru MIN 11 Bandar Lampung. Data skunder berupa data teoritis dan dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dikumen madrasah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah melakukan perencanaan dengan melakukan program jangka panjang (4 tahun), menengah (2 tahun), dan pendek di MIN 11 Bandar Lampung. Kepala madrasah melakukan evauasi diri madrasah setiap akhir tahun, setiap bulan desember melibatkan semua warga madrasah sampai dengan koordinator sarana dan prasarana di MIN 11 Bandar Lampung. Kepala madrasah sudah mengupayakan pelaksanaan mutu sarana dan prasarana semaksimal mungkin untuk menunjang proses pendidikan dimadrasah, akan tetapi kendala itu pasti ada yang merupakan bagian dari tantangan untuk berinovasi dalam meningkatkan mutu dari sarana dan prasarana yang ada di MIN 11 Bandar Lampung. Evaluasi dilakukan setiap bulan desember, sesuai dengan perencanaan awal tadi mana yang prioritas dalam 1 tahun itu dan mana yang kurang prioritas. Diakhir tahun dilakukannya kroscek dari target perencanaan yang sudah disepakati bersama-sama oleh tim evaluasi diri madrasah itu tadi, jika memang sesuai dengan perencanaan itu terlaksana semua berarti dalam kategori baik. Kepala madrasah melakukan tindak lanjut dilihat dari perencanaan awal jika tahun ini sudah 100% tercapai berkaitan iv dengan mutu sarana dan prasarananya, mutu para siswa siswinya yang merupakan patokan ukuran birometernya dilihat kembali yang sudah tercantum secara tertulis di isi satuan pendidikan MIN 11 Bandar Lampung. Kata Kunci: Mutu Sarana dan Prasarana v ABSTRACT Every madrasah has infrastructure and facilities, whether they are enough or not. These resources must be used and managed for the benefit of the educational process in order for the madrasa to function successfully and efficientelly. Facilities and infrastructure are the major focus and in educational institutions because they have a significant impact in the process of learning in the field of education good management is required for managing the infrastructure and amenities it self. As a result, this thesis research examines the quality management of facilities and infrastructure at MIN 11 Bandar Lampung, begunning with the design, implementation, assessment, and follow-up stages. His study uses a qualitative descriptive method using case studies. This study uses data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation. The primary data in this study were the principals and teachers of MIN 11 Bandar Lampung. Secondary data in the form of theorectical data, documentation, and other supporting data obtained from madrasa documents data analysis in this study used data reducation, data presentation, and conclusion drawing. The findings of this study suggest that the madrasah head intends to implement long-term (4 years), medium-term (2 years), and short-term programs at MIN 11 Bandar Lampung. Every December, the head of the madrasah conducts a self-evaluation of the madrasa with participation from every resident up to the coordinator of facilities and infrastructure at MIN 11 Bandar Lampung. Here must be challenges that are part of the challenge to innovate in improving the quality of the facilities and infrastructure in MIN 11 Bandar Lampung. The head of the madrasa has attemped to imrove the quality of facilities and infrastructure us much us possible to support the educational process in the madrasa. Every December, evaluation is done to determine the year’s priorities based on the initial preparation. At the end of the year, a cross-check was carried out from the planning targets that had been mutually agreed upon by the madrasa self-evaluation team. If they were in accrodance with the plan, all of them were in the good category. The head of the madrasah carried out a follow�up. As seen from the initial planning, if this year it was 100% achieved with regard to the quality of the facilities and infrastructure, the quality of the students, which was the benchmark fot the size of the bureau, was reviewed, which had been written down in the contents of the MIN 11 Bandar Lampung. Keywords: Quality, Facilities and infrastructure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:46
Last Modified: 10 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item View Item