PERAN PEMERINTAH DESA DALAMMENINGKATKAN PENDAPATAN ASLIDESA MELALUI PENGELOLAAN USAHA DESAMENURUTPERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Balai Desa Way Huwi Lampung Selatan)

REZA, RACHMAWATI (2022) PERAN PEMERINTAH DESA DALAMMENINGKATKAN PENDAPATAN ASLIDESA MELALUI PENGELOLAAN USAHA DESAMENURUTPERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Balai Desa Way Huwi Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of REZA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran pemerintah desa dalam pembangunan di era otonomi daerah sangat penting. Bentuk peran penting pemerintah desa adalah meningkatkan pendapatan asli desa (PADes). Salah satu strategi pemerintah desa untuk meningkatkan pendapatan yaitu dengan mengadakan pengangkutan sampah. Sebab pertumbuhan ekonomi, meningkatnya jumlah penduduk termasuk pola konsumsinya, serta kemajuan teknologi justru dipergunakan sebagai indikator keberhasilan suatu pembangunan, dan pada sisi inilah seringkali terjadi benturan dengan permasalahan lingkungan hidup. Salah satu desa yang gencar akan pengangkutan sampah adalah Desa Way Huwi, yang terletak di kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan. Permasalahan dalam penelitian yaitu meningkatnya kepadatan penduduk dan jumlah partisipasi masyarakat dalam pengangkutan sampah yang cukup besar, dimana 40% dari jumlah KK di Desa Way Huwi. Akan tetapi Desa Way Huwi masih sangat mengharapkan bantuan dana dari pemerintah pusat dan daerah serta belum adanya pembangunan desa yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peran pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa melalui usaha pengangkutan sampah di Desa Way Huwi, Lampung Selatan dan untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam melihat peran pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa melalui usaha pengangkutan sampah di Desa Way Huwi, Lampung Selatan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber data yang diguankan adalah data primer berupa observasi, wawancara, dan kuesioner serta data sekunder berupa dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.210 orang dengan jumlah sampel sebanyak 123 orang serta menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum maksimalnya pengelolaan sampah di Desa Way Huwi serta pemerintah desa belum mampu melakukan pengawasan yang baik terhadap keuangan yang diperoleh BUMDes, sosialisasi tentang sampah, dan insentif yang pemerintah desa lakukan juga belum merata. Oleh karena itu pengelolaan sampah Desa Way Huwi belum mampu meningkatkan pendapatan asli desa. Akan tetapi pengelolaan sampah yang di lakukan di Desa Way Huwi sejalan dengan prinsip ekonomi Islam yaitu tauhid (keimanan), pengelolaan sampah juga sejalan dengan tujuan ekonomi Islam yaitu mashlahah, serta sejalan dengan ketentuan MUI nomor 41 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah. Kata kunci : Pemerintah Desa, Pendapatan Asli Desa, Pengangkutan Sampah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:15
Last Modified: 10 Aug 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20432

Actions (login required)

View Item View Item