TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI PASSWORD JARINGAN WIFI DENGAN BERJANGKA WAKTU (Studi Pada Warung-Warung di Desa Rawas Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat)

Khoirul, Ma’nan (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI PASSWORD JARINGAN WIFI DENGAN BERJANGKA WAKTU (Studi Pada Warung-Warung di Desa Rawas Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of IRUL FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Praktik jual beli password wifi pada warung-warung di Desa Rawas adalah salah satu contoh penerapan akad jual beli ditengah masyarakat. Jual beli adalah salah satu transaksi yang dibenarkan selama memenuhi syarat dan rukun secara lengkap, dan prinsip hukum Islam dalam jual beli adalah halal. Namun ada beberapa hal yang perlu dicermati dalam akad jual beli password wifi oleh warung�warung di Desa Rawas. Perjanjian jual beli password wifi yang tidak sesuai dengan kenyataan sehingga merugikan oleh salah satu pihak, dan prinsip akad yang tidak diterapkan dalam perjanjian jual beli, syarat untuk mendapatkan fasilitas wifi yaitu harus membayar minimal 3.000/ Password yang waktu penggunaannya ditentukan selama 24 jam, setiap jam 7 pagi password diganti dengan password yang baru. Berangkat dari latar belakang permasalahan di atas, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli password jaringan wifi dengan berjangka waktu pada di Desa Rawas dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang jual beli password jaringan wifi dengan berjangka waktu di Desa Rawas Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli password jaringan wifi dengan berjangka waktu pada warung-warung di Desa Rawas Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat dan tinjauan hukum islam tentang jual beli password jaringan wifi dengan berjangka waktu pada warung-warung di Desa Rawas Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan. Penelitian ini bersifat deskriftif analisis, yaitu penelitian yang menggambarkan secara tepat sifat-sifat individu, gejala, fakta, keadaan seseorang atau kelompok tertentu secara sistematis dan akurat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli password jaringan wifi dengan berjangka waktu yang dilakukan pada warung Edo dan Ronal di Desa Rawas, serta tinjauan hukum islam terhadap praktik jual beli password jaringan wifi dengan berjangka waktu yang dilakukan oleh kedua belah pihak telah menemukan kesepakatan yakni dengan jalan perdamaian (Shulhu). Tetapi tidak sesuai dengan hukum Islam, kerena warung Edo dan warung Ronal tidak melakukan Mufadhah atau tidak mau mengganti rugi biaya ataupun tambahan waktu untuk penggunaan wifi pada warung edo dan warung ronal, padahal sudah adanya perjanjian diawal antara penjual iv dan pembeli. Maka dapat disimpulkan juga bahwa jual beli password wifi dengan berjangka waktu belum sesuai dengan akad jual beli dalam hukum Islam karena rukun dan syarat, objek dan asas-asas akad dalam jual beli belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:49
Last Modified: 09 Aug 2022 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20424

Actions (login required)

View Item View Item