PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Scarlet di Lampung)

ANA, ROHANAH (2022) PENGARUH PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Scarlet di Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANA ROHANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di masa pandemi ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga tren merawat kesehatan dan kecantikan kulit pun semakin meningkat. Saat ini, banyak sekali jenis produk perawatan wajah dan kulit yang beredar di Indonesia dengan berbagai merk. Dari beberapa merk produk tersebut, Scarlet berada pada posisi pertama dengan pangsa pasar yang diraih jauh lebih tinggi dari merek lain, yaitu 18.9%. Meskipun belum lama berdiri, namun scarlet sudah mampu bersaing dengan brand lokal lama maupun brand internasional lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)pengaruh perceived value terhadap loyalitas pelanggan (2)pengaruh perceived value terhadap kepuasan pelanggan (3)pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (4) pengaruh perceived value terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan pada pengguna scarlet di Lampung (5) perspektif ekonomi Islam terhadap kepuasan dan loyalitas. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini pemilihan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 sampel yang terdiri dari konsumen yang pernah menggunakan produk scarlet dan tinggal di wilayah Lampung. Dalam penelitian ini data diolah menggunakan alat bantu program IBM SPSS versi 25. Uji analisis data yang digunakan yaitu uji instrument penelitian (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (Normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), uji t, uji f, dan uji sobel test. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan model analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) perceived value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan scarlet. (2) perceived value mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada produk scarlet. (3) kepuasan mempunyai pengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas pelanggan scarlet. (4) Kepuasan konsumen memediasi hubungan antara perceived value terhadap loyalitas konsumen pada pengguna scarlet. Kata kunci: Peceived Value, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan ABSTRACT During this pandemic, people have had more time at home, so the trend of health care and skin beauty has increased. Currently, there are many types of facial and skin care products circulating in Indonesia with various brands. Of several brands of these products, Scarlet is in the first position with a market share achieved much higher than the other brands, which is 18.9%. Although not long established, scarlet has been able to compete with old local brands and other international brands. The purpose of this study was to determine: (1) the effect of perceived value on costomer loyalty; (2) the effect of perceived value on customer satisfaction. (3) the effect of customer satisfaction on customer loyalty (4) the effect of perceived value on customer loyalty mediated by satisfaction on scarlet users in Lampung (5) Islamic economic perspective on satisfaction and loyalty. This study uses quantitative, and the data collection method used in this study is a questionnaire using the Likert scale. In this study, the selection of samples using a probability sampling technique is sampling that provides the same opportunity for each element (member) to be selected as a member of the sample. The total sample used in this study is 100 samples consisting of consumers who have used scarlet products and live in the Lampung region. In this study, the data was processed using the IBM SPSS program tool version 25. The data analysis tests used are the instrument test (validity and reliability), classical assumption research (normality, multicollinearity, and heteroskedasticity), the t test, the F test, and the Sobel test. Hypothesis testing was conducted using a path analysis model. The results showed that (1) perceived value has a significant influence on customer loyalty to Scarlet. (2) In scarlet products, perceived value has a significant influence on customer satisfaction.(3) Satisfaction has an impact on and is important for scarlet customer loyalty.(4) the goal of red-users mediating the relationship between perceived value and consumer loyalty. Keywords: Perceived Value, Satisfaction, Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:46
Last Modified: 09 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20411

Actions (login required)

View Item View Item