KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA SISWA SD IT INSAN AMANAHMU BANGUNREJO KECAMATAN BANGUNREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

VERA, REGITASARI (2022) KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENANAMKAN AKHLAK PADA SISWA SD IT INSAN AMANAHMU BANGUNREJO KECAMATAN BANGUNREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Vera Regitasari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Media sebagai penunjang kesuksesan dalam berdakwah sangat penting dan dirasa sangat perlu dalam berdakwah. Seperti yang terdapat pada SD IT Insan amanahmu Bangunrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah yang menjadi tempat penelitian penulis, dimana SD IT tersebut menggunakan media audio visual dalam proses komunikasi dakwah dalam menanamkan akhlak pada santrinya. SD IT Insan amanahmu Bangunrejo sengaja menggunakan media audio visual dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah yang berisi materi akhlak Islami sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan dakwah yang disampaikan melalui media audio visual dan efektifitas media audio visual dalam menanamkan akhlak pada siswa di SD IT Insan amanahmu Bangunrejo kecamatan Bangunrejo kabupaten Lampung Tengah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, interniew dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif interpretative yakni data yang dikumpul, disusun kemudian ditafsirkan dan diambil kesimpulan. Dari hasil penelitian ini bahwa komunikasi dakwah yang digunakan SD IT Insan amanahmu Bangunrejo melalui media audio visual dalam menanamkan akhlak pada siswa cukup efektif karna dengan media tersebut siswa dapat lebih mudah memahami pesan-pesan dakwah yang disampaikan ustad dan ustadzah. Namun dalam penyampaian pesan-pesan dakwah ini yang menjadi hambatan adalah kuranganya alat pendukung serta waktu dalam mengawasi siswa. Kemudian terkait pesan-pesan dakwah yang disampaikan menggunakan media audio visual dalam penanamkan akhlak kepada siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi dakwah menggunakan media audio visual dalam menanamkan akhlak tersebut sudah cukup efektif dan efesien hal ini dibuktikan dengan ketertarikan siswa dalam memahami pesan-pesan dakwah yang disampaikan melalui media audio visual yang disampaikan oleh ustad dan ustadzah. Selain ketertarikan siswa terhadap materi yang disampaikan, siswa juga menjadi lebih mudah memahami materi yang diterangkan oleh ustad dan ustadzah. Kata Kunci: Akhlak, Komunikasi Dakwah, Media Audio Visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:03
Last Modified: 09 Aug 2022 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20402

Actions (login required)

View Item View Item