PERENCANAAN DAN EVALUASI PELATIHAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NAHDLATUL MUSLIM DESA GUNUNG BATIN BARU KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

DEA, EMALDA (2022) PERENCANAAN DAN EVALUASI PELATIHAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NAHDLATUL MUSLIM DESA GUNUNG BATIN BARU KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi dea emelda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pondok Pesantren Nahdlatul Muslim merupakan tempat untuk belajar ilmu agama, salah satu kegiatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Nahdlatul Muslim adalah pelatihan kitab kuning. Kitab kuning ini sendiri tentunya membahas banyak tentang ilmu-ilmu dalam ajaran islam, dari mulai ilmu dasar sampai yang tingkatannya sulit untuk dipahami. Dalam melakukan pelatihan kitab kuning itu sendir. Pondok Pesantren Nahdlatul Muslim memiliki sistem perencanaan dan juga evaluasi. Kegiatan pelatihan kitab kuning ini dilakukan sesuai dengan perencanaan yang sudah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan dan evaluasi pelatihan kitab kuning di pondok pesantren Nahdlatul Muslim Desa Gunung Batin Baru Kabupaten Lampung Tengah. Dengan mengambil objek di Pondok Pesantren Nahdlatul Muslim Lampung Tengah. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian di analisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa Perencanaan pelatihan kitab kuning dilakukan sesuai dengan tujuan pokok utama dalam suatu pelatihan. Yang dimana di dalam tujuan tersebut sudah meliputi beberapa perencanaan seperti penentuan tujuan pelatihan, subyek penelitian, dibetuknya jadwal pelatihan dan penentuan lokasi penelitian, mengkualifikasikan/pengelompokkan jumlah santri dengan tujuan agar tiap santri mendapat perhatian penuh dan adanya instruktur atau yang disebut dengan ustad/ustadzah. Evaluasi pelatihan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Nahdlatul Muslim yaitu meliputi Pertama, Evaluasi Terhadap perencanaan pelatihan kitab kuning. Yang mana perencanaan pelatihan tersebut memiliki sistem pembelajaran, metode pembelajaran yang berbeda-beda dari yang lain, serta pendekatan-pendekatan yang dilakukan dalam pelatihan tentunya mempunyai sisi perbedaannya. Kedua, evaluasi terhadap pelaksanaan kitab kuning. Dalam pelaksanaan kitab kuning tentunya memiliki metode pelatihan itu sendiri. Ada metode dengan tulisan, metode penjelasan, metode sorogan, metode bandongan, serta metode tanya jawab. Evaluasi terhadap hasil pembelajaran kitab kuning. Ketiga, evaluasi terhadap hasil pelatihan kitab kuning yang biasanya dilakukan pada akhir semester. Para ustad/ustadzah mulai menilai santri dengan beberapa tes. Ada berupa tes tulisan dengan cara menilai kitab-kitab santri apakah penuh dengan maknai atau tidak, kemudian dengan tes tulisan, dimana para santri nantinya akan membaca kitab mereka lengkap dengan maknanya. Hasil evaluasi pembelajaran santri tentunya memiliki kriteria atau predikat kelulusan itu sendiri. Santri yang mendapat nilai 0-50 mendapatkan D. Santri yang mendapatkan nilai 51-69 mendapatkan C. Santri yang mendapatkan nilai 70-80 mendapatkan nilai B+. Santri yang mendapatkan nilai 81-100 mendapatkan nilai A dan penilaian lainnya didukung dengan nilai kehadiran dan akhlak santri. Namun, hasil dari evaluasi ini bukan menjadi tolak ukur sebuah penilaian kemampuan santri. Namun menjadi acuan terhadap perkembangan pelatihan kitab kuning tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:01
Last Modified: 08 Aug 2022 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

View Item View Item