EFEKTIVITAS TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DIRI AGAR BERPRESTASI (PADA SISWA KELAS XI) DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 OKU TIMUR

HADI, RAHMAT (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DIRI AGAR BERPRESTASI (PADA SISWA KELAS XI) DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 OKU TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI HADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Efektivitas adalah hubungan antara output dan tujuan atau dapat juga dikatakan merupakan ukuran seberapa jauh tingkat output, kebijakan dan prosedur dari organisasi. Efektivitas juga berhubungan dengan derajat keberhasilan suatu operasi pada sektor public sehingga suatu kegiatan dikatakan efektif jika kegiatan tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap kemampuan menyediakan pelayanan masyarakat yang merupakan sasaran yang telah ditentukan. Teknik self instruction dalam kegiatan belajar memberikan manfaat untuk membantu individu mengajarkan pada diri mereka sendiri dalam mengatasi masalah sulit yang terjadi pada diri individu tersebut. Motivasi diri adalah suatu dorongan atau keinginan seseorang didalam melakukan suatu keinginan atau usaha demi tercapainya tujuan yang diinginkannya yang dimana ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mecapai tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan tipe deskriptif kuantitatif karena pada penelitian deskriftif kuantitatif mencari data berdasarkan dari sampel populasi kemudian penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan. Sampel yang diambil yaitu sejumlah 51 responden. Untuk itu sampel yang digunakan mewakili populasi. Dalam penelitian ini teknik pengampilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Likert yang menggunakan 5 (lima) jawaban pilihan dalam setiap item pertanyaan atau pernyataan yaitu SS (Sangat Setuju), S (Setuju), N (Netral), TS (Tidak Setuju), dan STS (Sangat Tidak Setuju). Berdasarkan hasil penelitian dari serangkaian proses uji coba dan tes maka dapat diketahui bahwa semua item instrumen sudah dikatakan valid. Berdasarkan hasil pengujian one sampel t-test dengan SPSS diperoleh nilai T hitung 10,025 yang kemudian akan dibandingakan dengan nilai T-tabel, dalam penelitian ini nilai T-tabel yang digunakan adalah 2,00856. Berdasarkan nilai tersebut maka dilakukan perbandingan antara T hitung dan T tabel 10,025 > 2,00856 kemudian melihat nilai nilai Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05, berdasarkan hal tersebut maka H1 ditolak dan Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil motivasi diri peserta yang berprestasi tidak sama dengan nilai 60 seperti dugaan yang telah dibuat oleh peneliti. Sehingga Teknik Self Instruction tidak efektif Dalam Meningkatkan Motivasi Diri Agar Berprestasi (Pada Siswa Kelas XI) Dimasa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 OKU Timur. Kata Kunci : Efektivitas, Teknik Self Instruction, Motivasi Diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:13
Last Modified: 08 Aug 2022 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20390

Actions (login required)

View Item View Item