LAYANAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI KECEMASAN KARYAWAN AKAN ADANYA TINDAKAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) Studi Pada Karyawan PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Ahmad Yani Bandar Lampung

TESSA, FEBRIYANA (2022) LAYANAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI KECEMASAN KARYAWAN AKAN ADANYA TINDAKAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) Studi Pada Karyawan PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Ahmad Yani Bandar Lampung. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of TESSA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana layanan konseling dengan teknik self management untuk mengatasi kecemasan karyawan di PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Ahmad Yani Bandar Lampung. 2. Apa saja faktor�faktor yang mempengaruhi kecemasan karyawan di PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Ahmad Yani Bandar Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan konseling dengan teknik self management untuk mengatasi kecemasan karyawan di PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Ahmad Yani Bandar Lampung serta faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan itu terjadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu jenis penelitian yang berusaha mengumpulkan data dan informasi mengenai permasalahan di lapangan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Dalam prosesnya, penelitian ini mengangkat data dan permasalahan yang ada di lapangan dalam hal ini adalah layanan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi kecemasan karyawan akan adanya tindakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Adapun lokasi penelitian yang dilakukan penulis adalah di PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Ahmad Yani Bandar Lampung. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan oleh peneliti ialah 6 orang yang terdiri dari 1 Human Resources Development (HRD) dan 5 orang karyawan PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Ahmad Yani Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan konseling yang diberikan oleh Human Resources Development (HRD) sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pendekatan behavioristik, dengan penerapan layanan konseling menggunakan teknik self management yang mengikuti langkah-langkah sesuai dengan prinsip behavioristik dimaksudkan untuk memberikan perubahan tingkah laku. Jenis kecemasan yang dialami karyawan PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Bandar Lampung ialah objective anxienty. Faktor-faktor yang menyebabkan iv terjadinya kecemasan karyawan PT Bahana Cahaya Sejati Cabang Ahmad Yani Bandar Lampung yakni, faktor internal berupa pusing, gelisah, tidak bisa tidur memikirkan target yang tidak tecapai, sering mengantuk saat bekerja, kenyataan kinerja karyawan yang rendah yang dialami di bulan-bulan sebelumnya. Sedangkan faktor eksternal adalah, para karyawan di sini merupakan tulang punggung keluarga nya masing-masing ditengah kesulitan pandemi saat ini, kondisi sosial ekonomi keluarga yang rendah, serta tidak memiliki keterampilan khusus yang lain untuk mencari pekerjaan sampingan agar tetap bisa memiliki penghasilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:15
Last Modified: 08 Aug 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20381

Actions (login required)

View Item View Item