BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA 407 SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT

ASEP, SUNANDAR (2022) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA 407 SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASEP SUNANDAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Santri merupakan siswa yang menuntut disuatu pondok pesantren, sama halnya dengan siswa santripun seringkali menemui masalah dalam kegitanan belajarnya salah satunya adalah motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan bagian penting dalam meningkatkan kualitas belajar. Di pondok pesantren ini salah satu cara agar santri mampu meningkatkan motivasi dalam belajarnya pondok pesantren memberikan sebuah pelayanan yaitu bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok merupakan salah satu metode yang bisa mengarahkan anak untuk memotivasi dalam belajar, memfasilitasi pertumbuhan pribadi, menghargai dan meningkatkan kemampuan pribadi, trampil serta cara bergaul yang baik. Bimbingan ini dapat menjadi wadah untuk memotivasi anak untuk belajar bersama-sama sehingga anak yang kurang semangat dalam belajar dapat termotivasi dan bisa menemukan tujuan belajarnya. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan di pondok Pesantren Miftahul Huda 407 Sumberjaya Lampung Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok di pondok pesantren Miftahul Huda 407 Sumberjaya Lampung Barat. Jenis penelitian ini dengan metode kualitatif cara menentukan sumber data penelitian ini dengan menggunakan teknik jenis purposive sampling. Sumber data dalam penelitian adalah santri kelompok Ula yang berjumlah 5 santri, a lasan memilih santri kelompok ula kelas satu karena kelas satu adalah kelas pertama yang belum memiliki tujuan belajar dan membutuhkan motivasi belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. metode pengambilan kesimpulan dengan deduktif. Temuan penelitian ini bahwa bimbingan kelompok di Pondok Pesantren Miftahul Huda 407 Sumberjaya Lampung Barat.menggunakan 3 tahap yakni tahap pembukaan,tahap awal ini santri dan ustad mengawali pertemuan dengan berdoa,selanjutnya tahap kegiatan ada 4 metode yaitu beberapa metode yang digunakan yaitu program home room, yang kedua adalah karyawisata, yang ketiga adalah sosiodrama, dan yang terakhir adalah diskusi kelompok, dan tahap pengakhiran,sekiranya dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dirasa cukup ustad mengevaluasi bimbingan kelompok ini dan membuat kesimpulan bersama. Dalam kurun waktu 2 bulan santri di pondok ini dapat memaksimalkan potensi yang ada pada santri karena adanya dorongan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar santri. Kata Kunci: Motivasi Belajar Santri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:43
Last Modified: 08 Aug 2022 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20378

Actions (login required)

View Item View Item