STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN CITRA SDIT PERMATA BUNDA II

Mery, Qoirunisa (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN CITRA SDIT PERMATA BUNDA II. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT  BAB 1 DAN2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI MERY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan data mengenai strategi penentuan pasar sasaran, strategi penentuan posisi pasar persaingan dan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh sekolah” SDIT Permata Bunda II dalam meningkatkan minat siswa baru. (2) Untuk mendeskripsikan terkait minat siswa baru di sekolah SDIT Permata Bunda II. “Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan”. Hasil penelitian menunjukan bahwa sekolah SDIT Permata Bunda II telah menerapkan startegi “pemasaran pendidikan yang cukup baik, beberapa program dan pelayanan yang ditawarkan dapat menarik selera dan minat masyarakat, kegiatan promosi yang dilakukan sekolah berjalan cukup baik dan dikelola secara terpusat oleh pihak yayasan dan dibantu oleh kepala sekolah”. Kegiatan promosi yang dilakukan ada dua macam yaitu ketika PPDB dan ketika diluar PPDB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan yang digunnakan sekolah ialah Visit PSB (penerimaan siswa baru) juga menggunakan 7P (Product/produk, price/harga, place/tempat, promotion/promosi, people/orang, proof/bukti fisik, dan process/proses). Produk yang dipasarkan ialah Tahfidz, membiasakan beribadah, dan ektrakurikuler akademik, sedangkan harga diberikan gratis full kepada dhuafa dan diberikan kepada anak guru/anak karyawan potongan 50%. Lokasi strategis, sedangkan dari segi promosi melalui instagram, facebook, youtube, dan website. Fasilitas yang disediakan dan lengkap membuat siswa�siswi merasa nyaman dengan apa yang telah diberikan kepada dan membuat bakat siswa menjadi luas.Selain itu juga pernah melakukan presentasi Masyarakat. Kemudian untuk promosi yang dilakukan diluar PPDB yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti mengikuti perlombaan, pawai pada saat menyambut hari besar islam dengam memberikan informasi tentang kegiatan sekolah, memperat iii hubungan dengan masyarakat yaitu dengan pembagian jadwal imsakkiyah. proses penerimaan peserta di SDIT Permata Bunda II pertama jalur prestasi yaitu, seleksi peserta didik melalui seleksi nilai rapor dan jalur reguler, yaitu proses seleksi melalui tes tertulis dan lisan. Kedua proses pembelajaran, proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efesien dengan pedoman kurikulum yang terstruktur baik, guru yang berkompeten, serta sarana dan prasarana yang memadai. Ketiga hasil atau lulusan, hasil atau lulusan sesuai dengan harapan sekolah yaitu siswa yang berprestasi, berkembang bakatnya, dan mampu mengamalkan nilai nilai keagamaan sekolah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran, Jasa Pendidikan iv ABSTRACT The research purposes (1) to know and describe the data about the target market strategy, competitive positioning strategy and marketing mix strategy that are used by the” SDIT Permata Bunda II in attracting New Student‟s in school.(2) to describe about the school of attracting new student‟s the SDIT Permata Bunda II. “The data” collection “of this research are interview, observation and document studies”. “Technique analysis that use are data reduction, data display, and verification.The Results showed that the” SDIT Permata Bunda II “has implemented the marketing strategy of good education” service, “some programs and services”offeres “can attract the taste and interest of the community, the promotion activities conducted by the school run well enough and managed centrally by the foundation” and assited by principal. There are two kinds of promotional activities, namely when PPDB and when outside PPDB. The results of this study indicate that the Education Services Marketing Strategy used by schools were Visit PSB (new student admission) also uses 7P (Product / product, price / price, place / place, promotion / promotion, people / people, proof / physical evidence, and process / process. The product marketed was Tahfidz, accustoms to worship, and academic extracurricular activities, while the price is given free of charge to poor people and is given to the child teacher / child 50% discount employee. Str ategic location, while in terms of promotion via Instagram, Facebook, YouTube, TV stations, and websites. The provided and complete facilities make students feel comfortable with what has been given to and make students' talents broad. Then for promotions carried out outside PPDB, namely by doing activities such as participating in competitions, parades when welcoming Islamic holidays by providing information about school activities, strengthening relations with the community, namely by sharing imsakkiyah schedules. The first process of accepting participants at SDIT Permata Bunda II is the achievement path, namely, student selection through the selection of report cards and the regular path, namely the selection process through written and oral tests. Second, the learning process, v the learning process runs effectively and efficiently with well�structured curriculum guidelines, competent teachers, and adequate facilities and infrastructure. The three results or graduates, results or graduates are in accordance with school expectations, namely students who excel, develop their talents, and are able to practice religious values. Keywords: Marketing, Marketing, Education Services Strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:34
Last Modified: 08 Aug 2022 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20374

Actions (login required)

View Item View Item