MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MITRA AGRO USAHA KOTA BANDAR LAMPUNG

Reka, Tria Sagita Sarif (2022) MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MITRA AGRO USAHA KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of REKA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bentuk usaha bank syariah terdiri dari Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Adapun Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) adalah bank syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. PT. BPRS MAU adalah lembaga keuangan perbankan yang kegiatan operasionalnya berdasarkan prinsip syariah islam. Dalam pelayanannya PT. BPRS Mitra Agro Usaha menerapkan fungsi-fungsi manajemen meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengarahan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai organisasi yang telah ditetapkan. Dengan memberikan pelayanan yang baik maka nasabah akan puas sehingga dapat menciptakan kesetiaan dan loyalitas nasabah pada perusahaan yang memberikan kualitas yang memuaskan. Ketika ingin meningkatkan pangsa pasarnya harus melalui pemenuhan kualitas pelayanan. Jika kualitas pelayanan yang didapatkan baik dan pangsa pasar yang dihasilkan meningkat pesat, makan profit yang didapatkan terjamin. Dengan begitu profitabilitas dengan kualitas sangatlah berhubungan erat. Setiap perusahaan yang dapat memberikan pelayanan yang sangat baik makan perusahaan itu dapat mengalahkan pesaingnya yang memberikan pelayanan kurang baik kepada nasabah. Hal ini yang menarik penulis untuk mengangkat dalam sebuah karya tulis ilmiah tentang : “Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Agro Usaha Kota Bandar Lampung”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. penelitian kualitatif lebih menekankan kepada makna, penalaran, definisi situasi tertentu (dalam konteks tertentu), serta lebih banyak meneliti hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan kualitatif juga lebih mementingkan proses daripada hasil. Alasan peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif adalah dikarenakan peneliti akan menganalisis dan mendeskripsikan objek yang akan diteliti serta mendapatkan informasi dari hasil observasi dan wawancara mendalam oleh informan dalam Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah. iv Dalam hasil penelitian, Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha Kota Bandar Lampung menunjukan bahwa dalam memberikan pelayanan PT. BPRS MAU menerapkan strategi “jemput bola” dalam menarik minat nasabah dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Selain itu, PT. BPRS MAU menerapkan metode CRM (Customer Relayionship Management) dalam pelayanannya dengan menajlin hubungan yang baik dan ramah kepada nasabah sehingga terjalin hubungan kekeluargaan yang harmonis. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan, Loyalitas Nasabah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:37
Last Modified: 08 Aug 2022 02:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20366

Actions (login required)

View Item View Item