PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs AT-THOLIBIN LAMPUNG UTARA

Mega, Wulandari (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs AT-THOLIBIN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MEGA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam mempengaruhi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. 2) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam menggerakan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. 3) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam memotivasi penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. 4) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam membina penanaman nilai-nilai pendidikan karakter 5) untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam memberi teladan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Untuk memperoleh hasil tersebut penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan subjek kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentsi, dengan menggunakan triangulasi sumber, dengan analisis data reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah sebagai leader dalam menenamakan nilai-nilai pendidikan karakter di MTs At-Tholibin Lampung Utara sudah cukup baik, yaitu: 1) Peran kepala madrasah dalam mempengaruhi penamanakan nilai pendidikan karakter yakni melalui kegiatan pembiasaan. 2) Peran kepala madrasah dalam menggerakan penanaman nilai pendidikan karakter seperti pada saat rapat kepala madrasah mengajak guru-guru untuk menyampaikan pendapatrnya agar ikut berpartisipasi, berkontribusi untuk mencapai keberhasilan penanaman nilai pendidikan karakter. 3) Peran kepala madasah dalam memotivasi penanaman nilai pendidikan karakter secara langsung dan tidak langsung. 4) Peran kepala madrasah dalam membina penanaman nilai pendidikan karakter yakni dengan memberikan arahan cara penyampaian metode penanaman pendidikan karakter melalui pembiasaan, teguran, keteladana, pengondisian, dan pengawasan 5) Memberi teladan penanaman nilai pendidikan karakter seperti dalam kedisiplinan. Kata kunci: Kepala Madrasah, Leader, Pendidikan Karakter iv ABSTRACT This study aims to describle 1) to find out how the role of the principal as a leader in influencing the cultivation of character education values. 2) to find out how the role of the madrasa principal as a leader in moving the cultivation of character education values. 3) to find out how the role of the principal as a leader in motivating the cultivation of character education values. 4) to find out how the role of the madrasah principal as a leader in inculcating character education values 5) to find out how the role of the madrasah principal as a leader in inculcating character education values. To obtain these results, the authors used qualitative descriptive research. With the subject of the head of the madrasa, waka curriculum, and teachers. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation, using source triangulation, data analysis, data reduction, data presentation and data verification/drawing conclusions. The results of this study indicate that the role of the principal as a leader in naming the values of character education at MTs At�Tholibin North Lampung is quite good, namely: 1) The role of the principal in influencing the naming of character education values is through habituation activities. 2) The role of the head of madrasa in mobilizing the value of character education, such as at the meeting the head of madrasa invites teachers to express their opinions so that they participate and contribute to the success of inculcating the value of character education. 3) The role of the principal in motivating the direct and indirect instilling of character education values. 4) The role of the head of madrasah in fostering the cultivation of character education values is by providing directions on how to deliver methods of character education cultivation through habituation, reprimand, exemplary, conditioning, and supervision. 5) Giving an example of inculcating the value of character education as in the discipline. Keyword: Principal, Leader, Character Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:04
Last Modified: 08 Aug 2022 02:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item View Item