PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, ISLAMIC BRANDING DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Jawa Timur)

Febri, Leanita (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, ISLAMIC BRANDING DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Jawa Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FEBRI LEANITA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring berjalannya waktu dunia perbankan mengalami kemajuan pesat terutama perbankan syariah, baik dari segi fasilitas ataupun pelayanannya. Perbankan syariah tentunya bank yang tidak menerapkan bunga dalam segala transaksinya. Indonesia merupakan salah satu negara yang masyoritas memiliki penduduk beragama muslim dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang keagamaan, contoh saja pesantren. Pesantren merupakan lembaga pendidikan dengan latar belakang agama islam dan peserta didik dari pesantren disebut santri. Mahasiswa universitas darussalam gontor juga dapat dikatakan sebagai maha santri karena mereka hidup dalam lingkungan pesantren. Para mahasiswa khusunya di universitas darussalam gontor memiliki berbagai macam tingkat pendidikan dan pengetahuan akan literasi keuangan syariah, islamic branding dan lingkungan sosial dan juga tingkat religiusitas yang beragam. Dengan adanya fenomena ini, maka dilakukanlah penelitian dengan judul ”pengaruh literasi keuangan syariah, islamic branding dan lingkungan sosial terhadap keputusan mahasiswa untuk menbaung di bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi (studi pada mahasiswa universitas darussalam gontor Jawa Timur)”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 20 dengan metode analisis Moderated Regression Analysis (MRA). Data primer diperoleh dari responden melalui kuesioner mengenai literasi keuangan syariah, islamic branding dan lingkungan sosial, sedangkan data sekunder berupa teori-teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Literasi Keuangan Syariah secara parsial tidak berpengaruh terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Menabung di Bank Syariah, sedangkan Islamic branding dan Lingkungan Sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Menabung di Bank Syariah. (2 Literasi Keuangan Syariah secara simultan tidak berpengaruh terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Menabung di Bank Syariah, sedangkan Islamic branding dan Lingkungan Sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Menabung di Bank Syariah. (3) Religiusitas tidak dapat memoderasi hubungan Literasi Keuangan Syariah terhadap keputusan mahasiswa untuk menabung di bank syariah. Sedangkan Religiusitas dapat memoderasi hubungan Islamic Branding dan Lingkungan Ssosial terhadap keputusan mahasiswa untuk menabung di bank syariah. Kata kunci: Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Lingkungan Sosial, Religiusitas, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:56
Last Modified: 05 Aug 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20335

Actions (login required)

View Item View Item