PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULANG BAWANG BARAT

Fitrotus, Solikhah (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Fitrotus Solikhah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 1 TULANG BAWANG BARAT Oleh Fitrotus Solikhah Pendidikan merupakan suatu cara pendidik mengembangkan potensi atau kemampuan yang dikembangkan dengan tujuan kearah mana peserta didik diharapkan dapat membawa mereka ke tujuan yang ingin di capainya serta diharapkan dapat mengaktualisasikan perananan secara optimal. Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam tercapainya suatu tujuan pendidikan. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat diharapkan dapat membantu siswa untuk memudahkan dalam memahami materi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang efektif ialah strategi Information Search (IS), hal ini dikarenakan Information Search merupakan strategi yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi melalui sarana ataupun media apapun yang memungkinkan mereka untuk medapatkan apapun. Dengan demikian peserta didik dituntut untuk lebih aktif dan ikut serta berperan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di MAN 1 Tulang Bawang Barat menunjukkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas XI masih cenderung rendah. Serta kurangnya variasi dalam menggunakan strategi pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung, pembelajaran yang dilaksanakan terkesan membosankan dan cenderung menggunakan metode ceramah dan merangkum. Dengan demikian, perlu adanya penggunaan strategi pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan peserta didik lebih aktif yang dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih. Penelitian ini menggunakan strategi Information Search (IS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran Information Search (IS) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas XI di MAN 1 Tulang Bawang Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen Design dengan desain Nonequivalent Control Grup Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian yang diperoleh dari posttest dengan soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari hasil analisis data menggunakan independen sampel T-test sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari pada 0,05 (0,00  0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat pengaruh strategi pembelajaran information search terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih peserta didik kelas XI di MAN 1 Tulang Bawang Barat. Kata Kunci : Information Search (IS), Hasil Belajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:53
Last Modified: 05 Aug 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20334

Actions (login required)

View Item View Item