PENGARUH METODE BERNYANYI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ASMAUL HUSNA DI SDIT BINA INSAN MADANI BARADATU WAY KANAN

MARZUKI, ALFIAN (2022) PENGARUH METODE BERNYANYI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ASMAUL HUSNA DI SDIT BINA INSAN MADANI BARADATU WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh Hafalan Asmaul Husna Siswa/Siswi di SDIT Bina Insan Madani masih rendah, Metode afalan yang digunakan dan dipilih oleh guru belum mampu menarik minat anak dalam menghafal Asmaul Husna dan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui apakah ada pengaruh metode bernyanyi berbantuan media audio visual dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna di SDIT Bina Insan Madani Baradatu Way Kanan Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian kuantitaif menggunakan metode Eksperimen, dengan design Quasi Eksperimen, bentuk Non Equivalent Control Group Design. Sampel yang diteliti didapatkan dengan cara Purposive Sampling menghasilkan kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 48 peserta didik. Validasi kelayakan dilakukan dengan satu ahli materi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara test lisan menghafal Asmaul Husna dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan di SDIT Bina Insan Madani Way Kanan. Hasil penelitian diperoleh didapat uji normalitas kelas eksperimen nilai Asymp sig. (2-tailed) = 0,200 dan kelas kontrol nilai Asymp sig (2- tailed) = 0,200, maka dapat dinyatakan “berdistribusi normal” karna jika Sig >α (0,05), (0,200>0,05) dan (0,200>0,05). Sedangkan hasil uji homogenitas untuk Sig> α (0,05) menunjukkan nilai 0,191, hal ini berarti (0, 191>0,05) jadi data dinyatakan homogeny. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika Sig < 0,05 (0,000<0,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya “ada pengaruh metode bernyanyi berbantuan media audio visual dalam meningkatan hafalan Asmaul Husna” Kata kunci: Metode Bernyanyi Berbantuan Media Audio Visual, Hafalan Asmaul Husna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:48
Last Modified: 05 Aug 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20333

Actions (login required)

View Item View Item