IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DI SMPN 27 BANDAR LAMPUNG

FAHMI, ARSYAD (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DI SMPN 27 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS BAB 1 & BAB 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS FULL FAHMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis ini membahas tentang manajemen humas di SMPN 27 Bandar Lampung. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yang ada, meliputi: 1). Bagaimana perencanaan humas di SMPN 27 Bandar Lampung. 2). Bagaimana pengorganisasian humas di SMPN 27 Bandar Lampung. 3). Bagaimana pelaksanaan humas di SMPN 27 Bandar Lampung. 4). Bagaimana sistem pengawasan humas di SMPN 27 Bandar Lampung. Permasalahan tersebut dibahas dan ditemukan melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMPN 27 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Datanya diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif analisis, pendekatan deskriptif analisis ini dapat dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwasanya Implementasi Manajemen Humas di SMPN 27 Bandar Lampung dapat dilihat dari adanya sistem perencanaan pelaksanaan humas yang dirumuskan secara bersama membentuk suatu perencanaan yang berjangka waktu, yakni perencanaan jangka panjang dan jangka pendek. Kemudian sistem pengorganisasian yang diterapkan adalah melakukan segala bentuk MoU atau kerja sama baik dengan lembaga pemerintahan, pendidikan non formal maupun dengan perguruan tinggi. Untuk keberhasilan kinerja tersebut dibutuhkan motivasi terutama dari kepala Sekolah yakni dengan berusaha hadir secara langsung dalam kegiatan-kegiatan kehumasan yang berhubungan dengan Sekolah, hal ini bertujuan untuk menjaga citra positif dikalangan masyarakat. Untuk menjaga citra positif tersebut maka diperlukan pula suatu pengawasan, dimana pengawasan yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan meminimalisir tindakan-tindakan yang kurang baik. Karena masyarakat merupakan target atau sasaran utama dalam proses pengembangan nama baik Sekolah itu sendiri. Kemudian untuk mengetahui tolak ukur keberhasilan keempat sistem tersebut, maka diperlukan suatu sistem evaluasi. Dan evaluasi yang dilakukan selama ini yakni dengan menggunakan laporan secara berkala. Kata Kunci : Hubungan Masyarakat, Manajemen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:01
Last Modified: 04 Aug 2022 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20322

Actions (login required)

View Item View Item