MANAJEMEN KINERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT

YUNI, HARTINA (2022) MANAJEMEN KINERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Yuni Hartina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kantor Urusan Agama merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas melaksanakan sebagian tugas Kantor kementerian Agama di bidang urusan agama islam dalam wilayah kecamatan. Manajemen kinerja adalah suatu proses bagaimana mengelola sumber daya yang berorientasi pada kinerja dengan menciptakan visi dan misi bersama untuk mencapai tujuan kedepannya. Kinerja adalah tentang melakukan pekerjaan dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut, karena keberhasilan dan kesuksesan kinerja dalam suatu organisasi atau instansi ditentukan oleh sumber daya manusianya dengan pemahaman dan kemampuan dalam menjalankannya, kinerja merupakan unsur penggerak diri agar dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang dilakukan tidak setengah-setengah akan tetapi segenap kemampuan yang dimiliki dalam arti kata harus profesional dalam bekerja agar dapat diselesaikan tepat waktu. Namun Pada dasarnya semua organisasi memerlukan adanya manajemen dalam pelayanan dengan adanya manajemen kinerja di sebuah instansi pemerintahan seperti KUA di kecamatan ngambur maka diharapkan semua kinerja pelayanan yang sudah direncanakan dapat sesuai rencana. Pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan landasan materi melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan masyarakat sesuai dengan haknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kinerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat kecamatan ngambur, jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode penelitian ini bersifat deskriptif, populasi penelitian berjumlah 12 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian: setiap pegawai KUA Kecamatan Ngambur sudah bekerja dengan job description masing-masing dan telah terlaksana dengan baik dan sudah cukup maksimal dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Semua kegiatan manajemen dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan untuk mendukung semua program kerja dan tercapainya harapan Kantor Urusan Agama kecamatan ngambur. Kata Kunci “Manajemen Kinerja, Kualitas Pelayanan”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:00
Last Modified: 04 Aug 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20318

Actions (login required)

View Item View Item