PENGARUH LOKASI STRATEGIS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR MODERN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pasar Modern MBC Swalayan di Kota Metro)

LATHIFA, ASMAWATI (2022) PENGARUH LOKASI STRATEGIS DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR MODERN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pasar Modern MBC Swalayan di Kota Metro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LATHIFA ASMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sektor perdagangan memiliki peran penting dalam perekonomian negara. Ditengah perkembangan zaman yang semakin maju pasar modern mengalami pertumbuhan yang sangat pesat salah satu bentuk pasar modern yaitu swalayan. Hal inilah yang menjadi tuntutan setiap pelaku usaha atau perusahaan untuk bisa mengetahui kebutuhan dan keinginan setiap konsumenya dalam memutuskan untuk melakukan pembelian. Faktor yang menjadi keputusan pembelian diantaranya lokasi strategis dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi strategis dan promosi terhadap keputusan pembelian di pasar modern MBC swalayan dalam persepektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini tidak diketahui maka menggunakan rumus chocran didapati sampel 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa lokasi strategis secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan 2,815 > 1,985 dengan nilai signifikasi 0,006 < 0,05. Promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dibuktikan 5,055 > 1,985 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Lokasi strategis dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian dibuktikan 42,832 > 3,09 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.. Hasil uji koefisien determinasi (R2) didapati nilai Adjusted r square sebesar 0,468 ini artinya variabel independen lokasi strategis dan promosi mampu mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian sebesar 46,8% sisanya 53,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Dalam perspektif islam lokasi strategis, promosi dan keputusan pembelian sudah sesuai dengan prinsip ekonomi islam. Kata Kunci : Lokasi Strategis, Promosi, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:31
Last Modified: 04 Aug 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item View Item