PENGARUH E-COMMERCE DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi UIN Raden Intan Lampung)

Maulia, Jumyana (2022) PENGARUH E-COMMERCE DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Maulia Jumyana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena entrepreneur di kalangan anak muda dalam beberapa tahun terakhir semakin populer. Apalagi, dengan banyaknya seminar motivasi, buku-buku bacaan serta pemberitaan yang mengupas seputar kesuksesan pelaku usaha sehingga mendorong mereka untuk terjun dalam dunia bisnis. Kemajuan teknologi yang semakin canggih memudahkan seseorang yang ingin berwirausaha, karena dapat membantu dalam mengembangkan usaha serta mempromosikannya. Semakin canggih teknologi informasi saat ini menyebabkan wirausaha yang memanfaatkan teknologi informasi meningkat sehingga persaingan antar wirausaha menjadi semakin ketat. Persaingan yang ketat dalam bisnis, membuat penggunaan teknologi informasi menjadi sangat penting. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan untuk berwirausaha dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif kausal. Objek penelitian yang diteliti adalah Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2018 yang berjumlah 259 Mahasiswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 45 responden yang diambil sebagai sampel dengan teknik purposive sampling dengan ukuran menggunakan rumus Slovin. Kemudian data yang diperoleh dianalisa menggunakan model regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha, Sedangkan secara simultan e-commerce dan penggunaan sistem informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha. Dalam perspektif ekonomi Islam, berbisnis, dan berwirausaha tidak hanya memikirkan keuntungan saja. Dalam melakukan transaksi dengan menggunakan e-commerce diperbolehkan selama dalam proses transaksi tidak ada unsur ketidakjelasan. Tujuan sistem informasi adalah sebagai pengambilan keputusan, maka dari itu informasi yang disampaikan harus dapat dipertanggungjawabkan. Kata Kunci : E-commerce, Sistem Informasi Akuntansi, Berwirausaha, Perspektif Ekonomi Islam. ABSTRACT The phenomenon of entrepreneurship among young people in recent years has become incapably popular. Moreover, there are many motivational seminars, reading books and news that cover the success of business actors, thus encouraging them to enter the business world. Advances in incapably sophisticated technology make it easier for someone who wants to be an entrepreneur, because it can help in developing a business and promoting it. Today's more sophisticated information in technology causes entrepreneurs who use information technology to increase so that competition between entrepreneurs is becoming increasingly fierce. Intense competition in business makes the use of information technology very important. This study aims to empirically prove the effect of e-commerce and the use of accounting information systems on decision-making for entrepreneurship from an Islamic economic perspective. The research method in this study uses causal associative quantitative research. The object of research being studied was the students of the Islamic Accounting Study Program, Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung, Class of 2018, which amounted to 259 students. The type of data used is primary data obtained from distributing questionnaires to 45 respondents who were taken as samples by purposive sampling technique with the size using the Slovin formula. Then the data obtained were analyzed using multiple linear regression models using SPSS 20. Based on the results of the study, it is stated that the e�commerce, and the use of accounting information systems have a positive and partially significant effect on entrepreneurial decision�making. While simultaneously the e-commerce and the use of accounting information systems have a significant effect on entrepreneurial decision making. In the Islamic economic perspective, doing business, and entrepreneurship are not only about profit. Conducting transactions using e-commerce is allowed as long as there is no element of ambiguity in the transaction process. The purpose of the information system is to make decisions, therefore the information submitted must be accountable. Keywords: E-commerce, Accounting Information Systems, Entrepreneurship, Islamic economic perspective

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:26
Last Modified: 04 Aug 2022 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20306

Actions (login required)

View Item View Item