PENGARUH CONTENT MARKETING DAN INFLUENCER PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PURCHASE INTENTION GENERASI MILENIAL DENGAN VIRAL MARKETING SEBAGAI VARIABLE INTERVENING

Nining, Mardhatillah Huzaini (2022) PENGARUH CONTENT MARKETING DAN INFLUENCER PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PURCHASE INTENTION GENERASI MILENIAL DENGAN VIRAL MARKETING SEBAGAI VARIABLE INTERVENING. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Industri perbankan syariah tidak mengabaikan perkembangan platform social media. Saat ini, bank syariah juga menggunakan social media untuk menjalin interaksi pemasaran dengan generasi milenial. Bank syariah dapat menggunakan peluang ini untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dan membentuk niat beli kaum milenial. Maka dalam penelitian ini membahas mengenai pengaruh content marketing, influencer marketing, dan viral marketing terhadap purchase intention generasi milenial menggunakan produk atau layanan perbankan syariah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Apakah content marketing berpengaruh terhadap viral marketing bagi generasi milenial dalam menggunakan produk atau layanan jasa Bank Syariah? (2) Apakah influencer marketing berpengaruh terhadap viral marketing bagi generasi milenial dalam menggunakan produk atau layanan jasa Bank Syariah? (3) Apakah content marketing berpengaruh terhadap purchase intention generasi milenial dalam menggunakan produk atau layanan jasa Bank Syariah? (4) Apakah influencer marketing berpengaruh terhadap purchase intention generasi milenial dalam menggunakan produk atau layanan jasa Bank Syariah? (5) Apakah viral marketing berpengaruh terhadap purchase intention generasi milenial dalam menggunakan produk atau layanan jasa Bank Syariah? (6) Apakah viral marketing memediasi (intervening) hubungan antara content marketing dan purchase intention generasi milenial dalam menggunakan produk atau layanan jasa Bank Syariah? (7) Apakah viral marketing memediasi (intervening) hubungan antara influencer marketing dan purchase intention generasi milenial dalam menggunakan produk atau layanan jasa Bank Syariah? (8) Bagaimana content marketing dan influencer marketing menurut Ekonomi Islam? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada Generasi Milenial khususnya Mahasiwa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2017-2020 yang termasuk kategori Milenial. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakanTeknik Purposive Sampling. Teknik Analisis Data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 16 dan metode analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Content marketing memiliki pengaruh terhadap viral marketing. (2) Influencer memiliki pengaruh terhadap viral marketing. (3) Content Marketing memiliki pengaruh terhadap purchase intention. (4) Influencer memiliki pengaruh terhadap purchase intention. (5) Viral Marketing memiliki pengaruh terhadap purchase intention. (6) Content marketing memiliki pengaruh terhadap purchase intention dimediasi oleh viral marketing. (7) Influencer memiliki pengaruh terhadap purchase intention dimediasi oleh viral marketing. (8) Menurut Ekonomi Islam variabel Content Marketing dan Influencer berkaitan dengan marketing syariah. Merujuk kepada kaidah fiqh yang paling dasar dalam Islam yaitu Hukum asal dalam muamalah adalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Sehingga Marketing Syariah dapat diterima kecuali terdapat dalil yang melarangnya. Rasulullah sendiri saat mempromosikan barang dagangannya tidak memberikan informasi yang berlebihan, beliau memberikan informasi apa adanya mengenai produk tersebut sehingga konsumen mendapatkan informasi secara jelas sebelum memutuskan untuk membelinya. Kata Kunci : Content Marketing, Influencer, Viral Marketing, Purchase intention, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:15
Last Modified: 04 Aug 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20304

Actions (login required)

View Item View Item