PENGARUH KARAKTERISTIK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EFFECTIVE TAX RATE (Studi Pada Perusahaan PerbankanSyariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015- 2020)

Merry, Santika (2022) PENGARUH KARAKTERISTIK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EFFECTIVE TAX RATE (Studi Pada Perusahaan PerbankanSyariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015- 2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MERRY .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak merupakan tongkat utama di Indonesia dalam menjalankan sistem perekonomian, pajak adalah kontribusi kepala negara dan terutang oleh wajib pajak yang wajib dibayar. Untuk mengukur seberapa baik perusahaan dalam mengelola pajaknya adalah dengan melihat tarif pajak efektif. Sedangkan manajemen pajak sangat bergantung pada corporate governance, dimana corporate governance memiliki tujuan untuk menciptakan tata kelola yang baik pada perusahaan. Jika tata kelola yang baik dalam perusahaan maka sangat berpengaruh terhadap penentuan tarif pajak efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana analisis pengaruh komisaris independen, komite audit, investor institusional, dan kempemilikan manajerial secara parsial maupun simultan, dan juga bagaimana analisis komisaris independen, komite audit, investor institusional, dan kepemilikan manajerial berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah karakteristik corporate governance yang terdiri dari: Komisaris Independen, Komite Audit, Investor Institusional, dan Kepemilikan Manajerial memiliki pengaruh terhadap Effective Tax Rate pada perusahaan perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data melalui data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan syariah yang terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015- 2020. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling dan diperoleh 3 perusahaan yang menjadi sampel. Yaitu PT BRIS Tbk, PT Bank BTPN syariah Tbk, dan PT Bank Panin Dubai syariah Tbk. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda.Penelitian ini menggunakan model regresi berganda. Analisis regresi dilakukan dengan menggunakan SPSS 22.00 dan eviews 10 Hasil penelitian menunjukkan bahwa komisaris independen dan investor institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap tarif pajak efektif, sedangkan variabel komite audit dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikanterhadap tarif pajak efektif. Dari hasil penelitian juga dalam konsep pandangan Islam terdapat beberapa hal yang sangat berkaitan erat dengan konsep corporategovernance, yaitu khilafah, accountability, reliability, transparency dan juga trustworthiness, balance sheets, religious audit, dan syura. Kata Kunci: Karakteristik Corporate Governance, Komisaris Independen, Komite Audit, Investor Institusional, Kepemilikan Manajerial, Effective Tax Rate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:09
Last Modified: 04 Aug 2022 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20303

Actions (login required)

View Item View Item