PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK SHALATPESERTA DIDIK KELAS III D MI ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

NURLAILI, N (2017) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK SHALATPESERTA DIDIK KELAS III D MI ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG .

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan keterampilan gerak shalat peserta didik peserta didik kelas III D Mi Ismaria Al-Qur‟aniyyah Rajabasa Bandar Lampung, tahun ajaran 2016/2017. Permasalahan yang terdapat pada latar belakang adalah: Apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan gerakan shalat peserta didik kelas III D MI ismaria Al-Qur‟aniyyah Rajabasa Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Dimana Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dalam meningkatkan ketermpilan gerakan shalat melalui metode Drill untuk peserta didik kelas III D Mi Ismaria Al-Qur‟aniyyah Rajabasa Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017). Untuk meningkatkan aktifitas peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih melalui metode Drill. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ini (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tindakan, (1x 45 menit) dan siklus II juga dilakukan dalam satu kali tindakan (1x45 menit) di Mi Ismaria Al-Qur‟aniyyah Rajabasa Bandar Lampung. Tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penulis juga menggunakan alat pengumpul data dengan menggunakan metode observasi, interview (wawancara), dan Dokumentasi. Melalui penerapan metode drill dalam meningkatkan keterampilan gerakan shalat peserta didik kelas III D MI Ismaria Al-Qur‟aniyyah Rajabasa Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan selama 2 Siklus maka diperoleh persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan hasil gerak shalat diperoleh pada siklus I (pertemuan I) 12 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 372%. Pada siklus I (pertemuan 2) 17 peserta didik dengan ketuntasannya 527%. Sedangkan pada siklus II terdapat 21 peserta didik dengan tingkat ketuntasannya 651%. Hasil yang dicapai pada siklus II ini merupakan hasil yang dapat diuji kebenarannya dari hipotesis yang diajukan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan gerak shalat peserta didik kelas III D Mi Ismaria AlQur‟aniyyah Rajabasa Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci : Metode Drill, Keterampilan Gerak Shalat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Mar 2017 02:44
Last Modified: 03 Mar 2017 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item