Analisis Pelaksanaan Restrukturisasi Pembiayaan Bermasalah (Non Performing Financing) Terhadap Nasabah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi Covid-19 (Studi Pada Bank Muamalat KCP Kotabumi)

M, ARMAN (2022) Analisis Pelaksanaan Restrukturisasi Pembiayaan Bermasalah (Non Performing Financing) Terhadap Nasabah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi Covid-19 (Studi Pada Bank Muamalat KCP Kotabumi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI M ARMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 yang terjadi sangat berdampak kepada Nasabah di sektor UMKM.Penerapan Pembatasan Sosial Berskala besar memaksa masyarakat untuk berdiam diri dirumah, hal tersebut sangat mempengaruhi kegiatan usaha yang dijalankan oleh pelaku UMKM, dimana terjadi penurunan omset yang juga berpengaruh pada pembiayaan UMKM.Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimana Bagaimanakah pelaksanaan Restrukturisasi pembiayaan bermasalah pada nasabah UMKM terdampak Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada Bank Muamalat KCP Kotabumi dengan metode penelitian Kualitatif.Sumber data berupa data primer dan sekunder.Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh secara langsung melalui wawancara.Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan wawancara. Sedangka data sekunder diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada seperti data dari kepustakaan dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan restrukturisasi pembiayaan Bermasalah (Non Performing Financing)Terhadap Nasabah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi Covid-19 telah sesuai dengan peraturan otoritas jasa keuangan nomor 11/pojk.03/2020.Dengan adanya kebijakan Restrukturisasi Pembiayaan yang diterapkan Bank Muamalat KCP Kotabumi, nasabah pembiayaan UMKM yang usahanya terdampak pandemi Pandemi Covid-19 merasa sangat terbantu. Kata Kunci: Restrukturisasi pembiayaan, Pembiayaan Bermasalah, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:51
Last Modified: 04 Aug 2022 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20299

Actions (login required)

View Item View Item