PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP GANGGUAN TEMPER TANTRUM ANAK USIA DINI DI DESA PODOMORO KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG. (Studi Kasus di Desa Podomoro)

DINDA, RAFIKA SURYA (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP GANGGUAN TEMPER TANTRUM ANAK USIA DINI DI DESA PODOMORO KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS PROVINSI LAMPUNG. (Studi Kasus di Desa Podomoro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of DINDA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap ganguan tmper tantrum anak usia dini di Desa Podomoro Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan satu siswa yang mengalami gangguan temper tantrum yang berekolah di PAUD Alif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokmentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi temper tantrum. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk table dan grafik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap gangguan temper tantrum yang ditunjukkan dengan berkurangnya frekuensi kejadian pada lembar ceklis yang berisi perilaku temper tantrum yang dilakukan oleh subjek setelah diberikan intervensi. Adapun jumlah kejadian pada perilaku temper tantrum pada baselin-1 (A) yaitu: A1= 12, A2= 12, A3=12, frekuensi kejadian dapat dikatakan stabil karena cenderung menetap. Frekuensi kejadian yang dilakukan subjek pada saat intervensi (B) yaitu: B1= 8, B2= 5, B3= 2, B4= 0, B5= 0 sedangkan frekuensi kejadian pada baseline-2 (A’) yaitu: A’1= 2, A’2= 0, dan A’3= 0. Efektifitas tersebut didukung oleh presentase overlap yang rendah yaitu 0%. Perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-2 (A’/B) untuk perilaku temper tantrum yaitu (+8). Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Temper Tantrum. iv ABSTRACT The purpose of this study is to see how online learning affects temper tantrum disorders in early childhood in Podomoro Village, Talang Padang District, Tanggamus Regency, Lampung Province. This study employs a quantitative research strategy, with a Single Subject Research (SSR) experiment and an A-B-A 'design. The research subject is a PAUD Alif student with a temper tantrum disorder. In this study, data was gathered through observation and documentation. A temper tantrum observation sheet was used as the data collection instrument. The collected data was analyzed using descriptive statistics presented in the form of tables and graphs. The results showed that online learning had an effect on temper tantrum disorders, as evidenced by a lower frequency of occurrences on the checklist containing the subject's temper tantrum behavior after the intervention.The number of occurrences of temper tantrum behavior at baseline-1 (A), namely: A1 = 12, A2 = 12, A3 = 12, can be said to be stable because it tends to remain stable. The subject performed the following events at the time of intervention (B): B1 = 8, B2 = 5, B3 = 2, B4 = 0, B5 = 0, while the frequency of occurrence at baseline-2 (A') was: A'1 = 2, A'2 = 0, and A'3 = 0. This effectiveness is supported by the low overlap percentage of 0%. Level changes that occur when comparing intervention conditions to baseline-2 (A'/B) for temper tantrum behavior are (+8). Keywords: Online Learning, Temper Tantrum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:41
Last Modified: 04 Aug 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20296

Actions (login required)

View Item View Item