PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED L E A R NI N G U NT U K ME N I N GKA T KA N PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 MOJOKERTO PADANGRATU LAMPUNG TENGAH

RIZKA, NURUL FITRIA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED L E A R NI N G U NT U K ME N I N GKA T KA N PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 MOJOKERTO PADANGRATU LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKA NURUL FITRIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi pemahaman konsep peserta didik yang masih rendah dikarenakan kurangnya perhatian peserta didik ketika guru sedang menjelaskan dan memahami materi yang diajarkan serta dikarenakan lamanya belajar daring dirumah. Dan selama belajar dirumah, guru hanya memberi materi dan tugas melalui WhatsApp Group sehingga mengharuskan anak belajar sendiri dirumah tanpa bimbingan dari guru. Tujuan pada penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran Blended Learning pada peserta didik kelas V SDN 1 Mojokerto. Penelitian ini dilakukan pada Semester Ganjil tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tiap siklusnya. Peserta didik kelas V berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning dapat dilakukan dengan baik terbukti dari hasil tes peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu mencapai 85%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas V SDN 1 Mojokerto. Kata Kunci : Model Pembelajaran Blended Learning, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:39
Last Modified: 04 Aug 2022 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20292

Actions (login required)

View Item View Item