KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MA. RIYADHUS SHALIHIN BUNGA MAYANG LAMPUNG UTARA

RIZKI, ANANDA PANI (2022) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MA. RIYADHUS SHALIHIN BUNGA MAYANG LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKI ANANDA PANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran Akidah Aklak, masalah yang dihadapi oleh guru Aqidah Akhlak diantaranya : Masih banyak peserta didik yang kurang sadar betapa pentingnya Pendidikan Akhlaq, sehingga dalam proses belajar mengajar di masa pandemi, bersikap masa bodo, dan abai dengan pembelajaran Aqidah Akhlak. Peserta didik yang kurang mengikuti pembelajaran daring tersebut adalah peserta didik ada yang mengatakan bosan, ada juga yang mengatakan kurang efektif dan lain sebagainya. Pengaruh Gadget terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak Selain itu, kurangnya dukungan orang tua terhadap belajar siswa, sedangkan siswa sangat membutuhkan dukungan dan dorongan agar termotivasi belajar Aqidah Akhlak, dan Rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari Pentingnya Aqidah Akhlak, serta Siswa lebih memprioritaskan pelajaran umum daripada pelajaran Aqidah Akhlak Beberapa yang menjadi rumusan masalah adalah Metode apa saja yang digunakan oleh Guru dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Riyadhus Shalihin, dan Apa saja hambatan yang dihadapi oleh Guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Riyadlus Shalihin Lampung Utara? Pada penelitian “Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik di MA Riyadlus Shalihin Bunga Mayang Lampung Utara” peneliti tertarik menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tentang Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik di MA Riyadlus Shalihin Bunga Mayang Lampung Utara, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut : Kreativitas guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi Metode ceramah, metode diskusi, metode menghafal dengan syair atau lagu, metode pemberian kuis atau cerdas cermat. Selain itu, guru akidah Akhlak juga menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak,memberikan contoh keteladanan, pemberian nilai,pemberian tugas, mengadakan evaluasi di setiap akhir pekan, pemberian ulangan, pemberian pujian, juga pemberian hukuman. Semua ini dilakukan dalam rangka meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MA Riyadlus Shalihin Bunga Mayang Lampung utara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:16
Last Modified: 03 Aug 2022 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item View Item